Tersandung Kasus Korupsi Timah, Ini Peran Suami Sandra Dewi 

"Ini butuh strategi pendalaman, butuh konfrontasi ke depannya dari orang yang sudah kita periksa dari hampir 148 saksi," katanya. 

Jumat, 29 Maret 2024 | 12:57 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Harvey Moeis (HM), suami artis Sandra Dewi terlibat dalam kasus dugaan korupsi tata niaga timah di Kawasan Izin Usaha Pertambangan PT timah Tbk. Suami Sandra Dewi itu sudah ditetapkan sebagai tersangka. 

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana mengatakan dalam tahap pemeriksaan dan penangkapan, HM tidak ada perlawanan. Hanya saja masih banyak pertanyaan yang diajukan oleh penyidik saat pemeriksaan belum dijawab dengan gamblang.

BERITA TERKAIT:
Setelah Digeledah Kejagung, Bagaimana Nasib Apartemen Mewah Harvey Moeis? 
Harvey Moeis Timbun Uang Tunai Rp76 Miliar di Rumahnya 
Kejagung Panggil Sandra Dewi sebagai Saksi Kasus Korupsi Timah Hari Ini
Dimana Sandra Dewi Saat Kejagung Geledah Rumahnya?  
Pakar Hukum: Sandra Dewi Bisa Terseret Kasus Harvey Moeis 

"Ini butuh strategi pendalaman, butuh konfrontasi ke depannya dari orang yang sudah kita periksa dari hampir 148 saksi," katanya. 

Tindak korupsi tersebut telah dilakukan sejak 2018. Peran dari HM, jadi sosok yang menghubungkan antara PT RBT dengan pihak-pihak di PT timah (Persero) bersama mantan Direktur Utama PT timah (2016-2021) Mochtar Riza Pahlevi Tabrani (MRPT).

HM bersama MRPT berusaha melakukan penambangan ilegal di Bangka Belitung. Lalu dibuat suatu kesepakatan adanya sewa-menyewa alat hingga menghubungkan ke penambang ilegal di smelter. Dari sinilah pundi-pundi uang dikumpulkan.

"Nah dari sini mereka mengumpulkan uang untuk kemudian uang tersebut ke depan dilakukan untuk kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Pada faktanya digunakan untuk kepentingan pribadi," jelasnya.

HM dan MRPT melakukan tindakannya itu selama dua tahun yakni 2018 dan 2019. Ketut juga buka-bukaan bahwa pengumpulan uang tersebut juga melibatkan HLN (Helena Lim). Nah, yang dikumpulkan malah disalahgunakan untuk kepentingan pribadi dan usaha yaitu money changer.

"Uang yang dikumpulkan juga diserahkan kepada HLN dalam rangka CSR ternyata HLN menyalahgunakan untuk kepentingan usaha, yaitu usaha money changer," pungkasnya.

***

tags: #sandra dewi #harvey moeis #korupsi #timah #pt timah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI