Sederet Alasan Mengapa Anda Harus Menonton Film 'Mencuri Raden Saleh'

Film ini mengambil judul dari nama seorang tokoh dan penulis terkenal era kemerdekaan.

Jumat, 26 Agustus 2022 | 15:32 WIB - Layar
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

FILM 'Mencuri Raden Saleh' tayang perdana di bioskop tanah air pada Kamis (25/8/2022). Hari pertama penayangannya, film garapan Sutradara Angga Dwimas Sasongko ini sudah ditonton lebih dari 12.000 penonton.

Film produksi Visinema Pictures bercerita tentang komplotan pencuri yang ingin mencuri lukisan karya Raden Saleh yang berada di Istana Negara. Dibintangi oleh aktor dan aktris muda berbakat tanah air, film ini telah menyita perhatian publik.

BERITA TERKAIT:
Jarang Umbar Kemesraan, Rachel Amanda Kini Resmi Dinikahi Pengusaha Muda
Bajak Film Mencuri Raden Saleh, Sejumlah Situs Web Dipolisikan
Profil Ari Irham, Pemeran Tuktuk di Mencuri Raden Saleh yang Dibilang Mirip Renjun NCT Dream
Sederet Alasan Mengapa Anda Harus Menonton Film 'Mencuri Raden Saleh'
Sinopsis Mencuri Raden Saleh, Iqbaal Ramadhan dan Geng Bobol Istana Kepresidenan 

Berikut sejumlah alasan mengapa Anda harus menonton Iqbaal Ramadhan dkk dalam aksinya mencuri lukisan karya raden Saleh.

1. Penulisan naskah lama

Tak hanya sebagai sutradara, Angga Dwimas Sasongko juga terlibat dalam penulisan naskah film Mencuri Raden Saleh bersama Husein M. Atmodjo. Angga mengaku butuh waktu cukup lama hingga akhirnya memproduksi film Mencuri Raden Saleh.

Dari pengakuannya, Angga bercerita mendapat ide saat meilihat lukisan Raden Saleh yang sangat mudah dicuri.

"Melihat karya maestro Raden Saleh, sebuah lukisan yang sangat bagus. Saya mikir, ini gampang banget dicuri. Karena belakangnya itu mudah diloncati orang. Abis dari situ muncul ide kenapa tidak dijadikan film aja," kata sang sutradara.

2. Biaya produksi film mahal

Sutradara Angga Dwimas Sasongko menyebut ini adalah karya termahalnya. Angga mengaku menghabiskan lebih dari Rp20 Miliar untuk film ini.

"Dalam proses post produksi aja sudah lebih dari Rp20 miliar. Pertama saya harus memblok kawasan SCBD selama beberapa hari untuk syuting. Kemudian saya menghancurkan sekitar 20 mobil baru, tentu tidak mudah produksinya," jelas Angga.

 

3. Produksi yang teliti

Tim produksi membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk menggarap film ini. Hal tersebut sudah termasuk membuat duplikat dari lukisan legendaris karya Raden Saleh yang akan dijadikan objek curian di dalam film. Pembuatan duplikat dari lukisan itu juga tidak main-main dan melalui proses riset yang panjang.

4. Cerita bergenre 'heist' 

Akhir-akhir ini film maupun drama bertema "heist" menjadi ramai ditonton banyak orang. Sebut saja seperti Money Heist, Ocean Eight, hingga Now You See Me adalah film bergenre "heist" yang populer.

Meskipun tergolong baru di dunia film tanah air, Mencuri Raden Saleh membawa angin segar dengan mengusung tema pencurian.

5. Memperkenalkan sosok Raden Saleh

Film ini mengambil judul dari nama seorang tokoh dan penulis terkenal era kemerdekaan. Dikutip dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, Raden Saleh Sjarief Bustaman atau dikenal dengan Raden Saleh adalah pribumi pertama yang mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan melukis di Eropa dengan beasiswa dari Pemerintah Belanda.

Lukisannya adalah karya seni perpaduan romantisisme yang sedang populer di Eropa saat itu dengan tambahan elemen-elemen yang menunjukkan latar belakang Jawa si pelukis.

6. Dibintangi aktor muda 

Film Mencuri Raden Saleh tidak main-main dalam pemilihan aktor dan aktrisnya.  Tidak hanya berbakat, tetapi semua karakter utama dari film ini diperankan oleh aktor dan aktris yang masih muda. Mereka adalah Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Aghniny Haque, Rachel Amanda, Umay Shahab, dan Ari Irham.

Jika Anda penasaran seperti apa kisah Piko (Iqbaal Ramadhan) dan komplotannya dalam mencuri lukisan karya Raden Saleh, langsung saja tonton film 'Mencuri Raden Saleh' di bioskop kesayangan Anda.

***

tags: #mencuri raden saleh #angga dwimas sasongko #iqbaal ramadhan #angga yunanda #bioskop

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI