Ketua PP MAKT Prof Dr KH Noor Achmad saat memimpin rakor MAJT membahas persiapan penyelenggaraan salat Iduladha dan penyelenggaraan hewan kurban, di ruang rapat PP MAJT, Rabu (29/7), Foto: KUASAKATACOM

Ketua PP MAKT Prof Dr KH Noor Achmad saat memimpin rakor MAJT membahas persiapan penyelenggaraan salat Iduladha dan penyelenggaraan hewan kurban, di ruang rapat PP MAJT, Rabu (29/7), Foto: KUASAKATACOM

MAJT Perketat Protokoler Kesehatan Salat Iduladha

Jemaah yang tidak menaati protokoler kesehatan akan dipulangkan.

Rabu, 29 Juli 2020 | 17:30 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang – Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan menyelenggarakan salat Iduladha dengan menerapkan protokoler kesehatan ketat. Diantaranya jemaah yang hadir harus berwudu dari rumah, membawa sajadah sendiri, dan wajib memakai masker.

"Bila jemaah tidak menaati ketentuan tersebut, maka akan diminta pulang oleh petugas," kata Ketua PP MAJT Prof Dr KH Noor Achmad MA kepada pers, Rabu ( 28/7/2020). Keterangan pers dilakukan usai memimpin rapat koordinasi dengan jajaran pengurus dan panitia.

BERITA TERKAIT:
Presiden Jokowi dan Iriana Salat Iduladha di Gedung Agung Bareng Masyarakat Yogyakarta
Sederet Amalan Sunnah Sebelum Salat Iduladha, Kerjakan Agar Dapat Pahala!
Niat dan Tata Cara Salat Iduladha, Sendirian Maupun Jemaah
Ribuan Jamaah Tunaikan Salat Iduladha di Masjid Agung Jawa Tengah
Warga Kudus Gelar Salat Iduladha di Lapangan

Selain itu, lanjut Prof Noor, begitu jemaah masuk area masjid dan plaza MAJT juga akan dicek suhu badan, disemprot hand sanitizer, dan diarahkan jaga jarak secara ketat.

Menurut Prof Noor didampingi Sekretaris PP MAJT KH Muhyiddin MAg, dalam situasi pandemi Covid-19.yang masih tinggi, MAJT harus mengetati jemaah. Salah satunya bagi yang tidak menaati protokoler kesehatan maka terpaksa akan dipulangkan.

"Saya mohon jemaah benar-benar berdisiplin terhadap protokoler kesehatan ini, untuk kesehatan bersama. Jangan muncul klaster baru di MAJT, di tengah salat Id.  Maka keselamatan jemaah harus kita jaga bersama dengan menerapkan disiplin tinggi," pintanya.

Maka, lanjut Prof Noor, dalam salat Iduladha di tengah pandemi Covid-19 ini, MAJT tidak mengutamakan jemaah banyak yang biasanya mencapai 30 ribu, tetapi terpenting terjaganya standar protokoler kesehatan secara baik.

Pada salat Iduladha di MAJT ini, akan bertindak sebagai Khotbah, Prof Dr KH Noor Achmad MA  dengan topik Haji dan Ibadah kurban Mengukuhkan Persatuan. Sedangkan imam salat Id akan dipimpin KH Zaenuri Achmad, Alkhafid.

9 Sapi
Hingga posisi Rabu (28/7/2020), jumlah hewan kurban yang terkumpul di MAJT sebanyak 9 sapi dan 5 kambing. kurban sapi antara lain dari Kapolda Jateng Irjen Achmad Lutfhi, Bank Jateng, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), BPKB Jateng, BPN Jateng, dan Kodam IV Diponegoro. Sedangkan lima kambing dari Prof Dr Noor Achmad, Grab tiga kambing, dan satu kambing dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng.

Rencana pemotongan dan distribusi daging hewan kurban akan dilaksanakan hari Sabtu (1/8/2020) untuk dibagikan ke masyarakat sekitar.

***

tags: #salat iduladha #majt #protokoler kesehatan #kurban

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI