Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Wonogiri Larang Hajatan

Objek wisata di Kabupaten Wonogiri juga bakal ditutup.

Rabu, 16 Juni 2021 | 14:21 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Wonogiri - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akan segera menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait larangan menyelenggaraan pesta pernikahan. Langkah tersebut diambil setelah adanya klaster jagong ke Kudus.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alas Jekek mengatakan, sementara ini pesta pernikahan dilarang. Namun, prosesi ijab kabul tetap diperbolehkan dengan catatan dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Menurutnya, pengetatan ini dilakukan untuk mengurangi aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

BERITA TERKAIT:
Nahas! Niat Cek Keramba, Seorang Nelayan Hilang Tenggelam di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Mbah Sadiyem Histeris Usai Ganjar Luncurkan Program SMK Gratis
Pedagang Pasar Wonogiri; Dikasih Berapapun Tetep Pilih Pak Ganjar
Ganjar Blusukan ke Pasar Wonogiri, Dicurhati Harga Beras dan Cabai Melambung Tinggi
Parah! Napi di Lapas Wonogiri Kendalikan Peredaran Ganja

"Kalau acaranya (ijab kabul) di rumah, saya yakin orang satu RT akan ikut menyaksikan prosesi itu." tuturnya, Selasa (15/6/2021).

Namun jika ijab kabul dilakukan di KUA atau balai nikah, ia yakin jumlah peserta yang datang bisa terkontrol dan tidak menimbulkan kerumunan. Selain di KUA, ia juga menyarankan agar akad nikah dilaksanakan di masjid atau fasilitas di kecamatan dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Jekek menegaskan bahwa Pemkab Wonogiri saat ini tengah menyiapkan sanksi tegas bagi para pelanggar. "Ya, ini sebagai efek jera agar masyarakat patuh," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga bakal kembali menutup objek wisata di Kabupaten Wonogiri. "Surat Edaran tentang pelarangan hajatan dan penutupan obyek wisata akan kami terbitkan besok," sambungnya.

Jekek menambahkan, kasus Covid-19 di Kabupaten Wonogiri masih terus muncul. Oleh karena itu, ia meminta agar masyarakat bisa memahami situasi ini. 

***

tags: #wonogiri #pernikahan #pesta #hajatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI