Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Foto: Istimewa

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Foto: Istimewa

Ada Kapal Perang Baru, Prabowo: Keamanan Laut Terus Diperkuat

Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar membutuhkan kekuatan maritim yang kuat.

Senin, 06 Desember 2021 | 08:51 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meluncurkan kapal perang Tipe Cepat Rudal (KCR) 60 meter buatan PT PAL Indonesia (Persero). Armada tersebut dikerahkan untuk memperkuat pertahanan Indonesia di sektor laut.

Kapal KCR yang baru diluncurkan memiliki panjang 60 meter, lebar 8,10 meter. Kapal seberat 500 ton mampu mengakomodasi kru sebanyak 55 orang, dan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 28 knot pada kondisi full load, serta endurance 5 hari. Kapal ini memiliki jarak jelajah 2400 Nm pada kecepatan 20 knot.

BERITA TERKAIT:
Sejumlah Artis Dipertimbangkan Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Ada Raffi Ahmad Sampai Ahmad Dhani 
Prabowo Bertekad Tuntaskan Kemiskinan, Targetkan Swasembada Pangan dalam Empat Tahun 
Prabowo Wacana Tambah Menteri Jadi 40 Jabatan, Ganjar Ingatkan Politik Akomodasi  
Muncul Wacana Prabowo akan Tambah Jumlah Menteri, Ada 40 Jabatan 
Opung Luhut Berpesan ke Prabowo Jangan Masukan Orang Toxic ke Kabinet, Siapa? 

Prabowo menekankan kapal tersebut diharapkan dapat menjadi armada yang tangguh untuk menjaga kedaulatan Indonesia. Dengan kemampuan manuver yang lincah, serta sesuai fungsinya, pengamanan wilayah maritime, KCR 60 meter mampu melakukan pengejaran terhadap kapal asing yang melanggar wilayah teritorial laut RI.

Prabowo menekankan Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar membutuhkan kekuatan maritim yang kuat. Ia mengulas pembukaan UUD 1945 menyatakan tujuan Pemerintah RI adalah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Oleh sebab itu, aspek pertahanan tidak boleh diabaikan.

"Laut kita sangat luas. Kita akan tambah kekuatan armada laut kita dan yang ada akan kita perbaiki," ungkap Prabowo dalam keterangan tertulis, Minggu (5/12).

Ia menjelaskan, geografis Indonesia sebagai negara kepulauan adalah karunia sekaligus tantangan bagi kedaulatan dan keamanan bangsa. Ia menuturkan Presiden RI Joko Widodo menaruh perhatian sangat besar pada bidang pertahanan

"Presiden sangat menaruh perhatian pada pertahanan kita yang kuat. Kita harus kelola dengan sangat baik," tukasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan kekuatan TNI perlu ditopang oleh industri pertahanan dalam negeri. Hal ini sesuai dengan cita-cita besar bangsa Indonesia untuk kuat di laut, udara, dan daratan sendiri..
 

***

tags: #prabowo subianto #kapal perang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI