Modal Kecil Untung Besar, Ini Alasan Bisnis Minuman Es Teh Makin Diminati Menurut Pakar 

Es teh sekarang tak hanya dihadirkan sebatas teh manis yang didinginkan dengan es, namun juga berinovasi dengan aneka toping. 

Sabtu, 16 Juli 2022 | 12:36 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Kopi dan teh adalah jenis minuman favorit masyarakat Indonesia. Mungkin terkesan sangat biasa saja karena teh dan kopi bisa didapat dimana saja. 

Namun karena sangat digemar dan minuman menjadi kebutuhan sehari-hari jangan heran bila jika bisnis minuman ini memiliki prospek yang baik dan tak lekang hingga kapanpun. 

BERITA TERKAIT:
Ide Bisnis Paling Cuan Selama Ramadan, Gak Cuma Katering!
Roemah Coklat, Bisnis Kuliner yang Berawal dari Hobi Makan Coklat
Bisnis Jasa Cuci Sepatu, Modal Kecil Cuan Mengalir
Intip Cara Dedy dan Kurnia Rintis Wingko O dari Nol hingga Kini Punya Berbagai Produk
Capek Kerja Kantoran, Monica Santa Tamara Kini Sukses dengan Glamfinity dan Tiny and Co

Tak mengherankan artis Nagita Slavina juga bahkan merambah bisnis ini dengan menjadi CEO Esteh Indonesia.

es teh sekarang tak hanya dihadirkan sebatas teh manis yang didinginkan dengan es, namun juga berinovasi dengan aneka toping. 

Pakar Marketing dari Inventure Yuswohady mengatakan maraknya perkembangan bisnis es teh ini didukung oleh segmen market yang sangat besar. 

Bahkan hampir di setiap rumah makan selalu menyediakan minuman teh sebagai pendampingnya. 

Selain itu, dari sisi penjualan, bisnis ini relatif lebih mudah dijalankan karena proses pembuatannya dinilai tidak sekompleks kopi yang membutuhkan barista khusus untuk menstandarisasikan rasa kopi tersebut. 

“Kalau teh ini modalnya lebih kecil, membuatnya pun lebih gampang dengan target pasar yang besar karena pada dasarnya teh itu memiliki jumlah konsumen yang lebih banyak daripada kopi dengan market yang sudah terbentuk karena dari segi rasa, teh ini lebih lite dan bisa diminum kapan saja,” ujarnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan sebelum muncul bisnis minuman es teh kekinian, terlebih dulu booming teh di dalam botol dan di dalam kemasan yang dikuasai oleh para pemain besar yang secara tidak langsung juga telah membentuk pasar konsumen teh. 

Pasar yang besar ini kemudian dilirik oleh para pelaku UMKM. Mereka hadir menawarkan es teh kekinian yang diracik dengan berbagai varian rasa ditambah aneka topping yang membuat rasanya makin nikmat. 

Proses pengemasannya pun dibuat lebih modern dan higienis serta lebih segar. 

es teh sekarang sudah tidak konvensional lagi tapi hadir dengan berbagai rasa dan topping. Perkembangan bisnis teh kekinian ini juga didukung pendistribusian yang makin mudah melalui ojek online dengan konsep grab and go sehingga memudahkan konsumen untuk membeli,” jelasnya. 

Dari sisi pemasaran pun, para pebisnis makin dimudahkan dengan hadirnya media sosial sehingga mereka bisa mempromosikan dan memasarkan brand nya hanya melalui media sosial tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. 

***

tags: #bisnis #minuman #esteh indonesia #es teh

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI