Mantan Pejabat Dirjen Pajak Rafael Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Nama pejabat pajak RAT menjadi perhatian publik setelah putranya menjadi tersangka kasus penganiayaan.

Rabu, 01 Maret 2023 | 12:02 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Mantan pejabat Dirjen Pajak Rafael Alun Trisambodo tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Rabu (1/3/2023)  sekitar pukul 07.45 WIB. Usai menunggu beberapa saat, Rafel  masuk ke ruang pemeriksaan pada sekitar pukul 09.03 WIB.

Setiba di gedung KPK, Rafel tidak memberikan sepatah katapun kepada para wartawan. Rafael datang ke gedung Merah Putih untuk memenuhi undangan KPK soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya.

BERITA TERKAIT:
Berkaca dari Rafael Alun, KPK Minta Pejabat Laporkan LHKPN 
Divonis 14 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta, Rafael Alun Pikir-pikir
Tok! Rafael Alun Dijatuhi Hukuman Penjara 14 Tahun 
Terdakwa Kasus Dugaan TPPU dan Gratifikasi Rafael Alun akan Divonis Hari Ini
Majelis Hakim Tipikor Diyakiini KPK akan Menyatakan Rafael Alun Bersalah

Pahala Nainggolan selaku Deputi Bidang Pencegahan KPK, mengatakan tidak ada larangan bagi pejabat untuk mempunyai aset atau harta kekayaan jumbo, asalkan bisa membuktikan asal usul harta kekayaannya.

"Jumbo sih bukannya dilarang, kalau lihat di 'announcement' banyak yang jumbo, namun yang jadi masalah kan profilnya enggak 'match'. Jadi jangan jumbo, ini kementerian, kalau profilnya 'match' enggak apa-apa. Misalnya, bapak-nya sultan, warisannya gede gitu, ada juga pejabat yang begitu," terangnya.

Rafael menjadi perhatian publik setelah putranya, Mario Dandy Satrio (MDS), menjadi tersangka kasus penganiayaan terhadap David, anak dari salah seorang Pengurus Pusat GP Ansor, Jonathan Latumahina.

Kejadian tersebut membuat publik menyoroti gaya hidup mewah MDS yang kerap pamer kemewahan di media sosial dan berujung dengan sorotan masyarakat soal harta kekayaan RAT yang mencapai sekitar Rp56 miliar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kemudian mencopot jabatan RAT dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan II untuk mempermudah proses pemeriksaan harta kekayaannya.

***

tags: #rafael alun trisambodo #mario dandy satriyo #kpk #lhkpn

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI