Pj Bupati Jepara Kembalikan Fungsi Kios Pemasaran Hasil Perikanan 

Terbangunnya sarana pemasaran hasil ikan yang tersentral.

Rabu, 31 Mei 2023 | 06:45 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta meresmikan pusat oleh-oleh hasil perikanan yang ada di  Kelurahan Bulu, Jepara (30/5/2023). 24 kios yang berderet di Jalan AE. Suryani arah Pantai Kartini ini kembali difungsikan sebagai kios pemasaran hasil perikanan. 

Dalam beberapa tahun terakhir ini puluhan kios tersebut tidak jelas fungsinya. Sejak terbangun terjadi pasang surut pemanfaatan kios pemasaran dan cenderung beralih fungsi ke perdagangan umum. 24 kios pemasaran hasil perikanan ini dibangun pada 2010 lalu bantuan dari Ditjen Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan bersamaan dengan sentra pengasapan ikan di Desa Pulodarat Kecamatan Pecangaan.

BERITA TERKAIT:
Edy Supriyanta Buka Bazar UMKM di Alun-alun Jepara 
Kabupaten Jepara Catatkan Rekor Dunia Penyajian Pindang Serani Terbanyak
Ribuan Perempuan Jepara Ikut Meriahkan Karnaval Kartini
Hadiri Halal Bihalal, Pj Bupati Jepara Apresiasi Peran Ulama
Pj Bupati Lepas Kafilah Jepara ke MTQ Tingkat Jateng

Beberapa pruduk olahan hasil perikanan yang dijual antara lain, bakso ikan, abon ikan, sambal asap, krupuk ikan, tempong, ikan crispy, dan ikan asap. Selain itu juga ada, Aquascape, ikan hias, hingga kerajinan kerang.

Peresmian sentra oleh-oleh hasil perikanan ini ditandai pemotongan untaian bunga melati oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Ny. Eka Edy Supriyanta. Hadir jajaran Forkopinda, para pimpinan Perangkat Daerah hingga perwakilan pelaku wisata.

Edy Supriyanta mengatakan, tujuan diresmikannya pusat oleh-oleh hasil perikanan adalah terbangunnya sarana pemasaran hasil perikanan yang tersentral dalam suatu kawasan. Selain akses pemasaran, juga strategis karena berada di jalur wisata sehingga kios pemasaran bisa mendukung pariwisata di Kabupaten Jepara

"Di samping tempat pameran patung dan ukir Mulyoharjo, wisatawan luar kota bisa diajak datang ke kios perikanan. Dengan harapan mereka membeli oleh-oleh produk olahan perikanan sebagai buah tangan," kata Edy. 

Untuk mendukung hal tersebut, Edy sudah membuat surat edaran kepada Perangat Daerah, biro perjalanan, tour dan travel, pelaku wisata yang membawa wisatawan luar ke Jepara, wajib mampir di sentra oleh-oleh hasil perikanan.

"Saya berharap semua agen tour sebelum kembali untuk transit terlebih dulu di sentra hasil oleh perikanan," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati juga menyerahkan bantuan hibah sarana penangkapan ikan diberikan kepada 14 kelompok degan total total jumlah Rp.650 juta. Bantuan hibah untuk sarana produksi garam sebesar Rp.20 juta, dan bantuan sarana produksi perikanan Budidaya Air Payau sejumlah Rp.1,3 miliar untuk sembilan kelompok pembudidaya ikan.

***

tags: #pj bupati jepara #edy supriyanta #budidaya air payau #sarana penangkapan ikan #kabupaten jepara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI