FAKTA UNIK: Ini Penjelasan Mengapa Kecoak Suka Terbang ke Arah Manusia

Perilaku mereka dapat sangat bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya, tetapi sebagian besar kecoak aktif di malam hari.

Jumat, 04 Agustus 2023 | 11:21 WIB - Kesehatan
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - kecoak merupakan hewan yang menyeramkan bagi manusia. Mungkin karena bersarang di tempat-tempat kotor sehingga menyebabkan manusia enggan bila menjumpainya. 

kecoak sendiri merupakan hewan yang memiliki kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Bahkan kecoak bisa hidup tanpa kepala selama berminggu-minggu lamanya. Hal ini karena kondisi alam dan evolusi yang terjadi kepada spesies mereka.

BERITA TERKAIT:
FAKTA UNIK: Ini Penjelasan Mengapa Kecoak Suka Terbang ke Arah Manusia
Kecoak Menggigit atau Tidak? Ternyata Begini Menurut Penelitian 

Mengutip Animal HowStuffWorks, diketahui kecoak telah ada selama sekitar 320 juta tahun. Total lebih dari 5.000 spesies kecoak ada di planet ini saat ini. 

Perilaku mereka dapat sangat bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya, tetapi sebagian besar kecoak aktif di malam hari.

Banyak yang mengira bahwa ketika kecoak terbang dan melihat manusia, ia akan terbang ke arah wajah. Faktanya, kecoak tidak sepenuhnya sengaja mengarah ke wajah. kecoak hanya mengikuti objek terang.

"kecoak ini terbang ke objek terang, dan saat kita duduk di beranda pada malam hari, dengan cahaya di atas atau di belakang kita, kepala dan wajah kita menciptakan lingkaran cahaya - seperti gerhana. Serangga mungkin tertarik pada cahaya ini," kata Dr Coby Schal, ahli entomologi di Departemen Entomologi & Patologi Tumbuhan di North Carolina State University.

Selain itu, kecoak juga dikenal sebagai serangga yang memiliki penerbangan buruk. Jika kecoak terkesan terbang ke wajah kita, itu karena respons spontan dari kecoak yang yang merasa terganggu.

Sebagian besar spesies kecoak diketahui memiliki kemampuan terbang yang buruk. Jadi jika mereka terbang ke arah manusia sebenarnya mereka yang terkejut dan meluncur tak terkendali ke arah tertentu.
 

***

tags: #kecoak #hewan #terbang #manusia

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI