Pomdam III/Siliwangi Siap Kawal Pengiriman 5.000 Maung ke Kemhan

Adanya pengiriman ribuan kendaraan tersebut, kemungkinan bisa menimbulkan kemacetan.

Kamis, 28 September 2023 | 05:15 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Bandung- PT Pindad (Persero) bakal memproduksi 5000 unit kendaraan Maung, hal itu sesuai instruksi Kementerian Pertahanan RI. Berkaitan dengan hal tersebut, Pomdam III/Siliwangi bersiap untuk mengawal ribuan unit Maung itu dari Pindad menuju ke Jakarta.

DanPomdam III/Siliwangi, Kolonel Cpm Sigit Himawan Sutanto melalui Wadan Pomdam, Letkol Cpm Laksono Puji Lisdiyanto mengatakan pihaknya dalam hal pengamanan fungsinya ialah sebagai pengawal dan memastikan apa yang akan dibawa bisa terkawal sampai tujuan. "Kami akan memohon arahan dari DanPomdam. Jadi, intinya kami siap mendukung dan mengawal kendaraan Maung yang rencananya akan dibawa dari Pindad (Bandung) ke Kemenhan RI (Jakarta)," ucapnya, Rabu (27/9/2023) di Bandung.

BERITA TERKAIT:
Pomdam III/Siliwangi Siap Kawal Pengiriman 5.000 Maung ke Kemhan
PT PIL Siap Kirim 5.000 Maung Pesanan Kemhan
Jokowi: Perkembangan PT Pindad Sangat Luar Biasa
Diharapkan Lebih Sukses dan Maju, PT Pindad (Persero) Launching Jingle Lagu

Sejauh ini, sambungnya ia belum tahu apakah mekanisme pengirimannya bakal bersifat estafet dengan mengkoordinasikan bersama jajarannya dari wilayah Jabar sampai Jakarta. "Personel tentu relatif. Intinya, kami siapkan secara maksimal. Namun, yang pasti setiap jajaran kami tersebar di beberapa sub, semisal Cirebon, Purwakarta, Cimahi, Karawang sampai Jakarta," katanya. 

"Kalau untuk waktu, ya nanti melihat situasi jalannya yang pasti bukan di jam berangkat kerja atau pulang kerja, serta jika kondisi (jalan) macet ya tetap kami lakukan koordinasi dengan instansi terkait, semisal Dishub atau Kepolisian," sambungnya.

Adanya pengiriman ribuan kendaraan tersebut, kemungkinan bisa menimbulkan kemacetan oleh itu pihaknya mohon izin kepada masyarakat selaku pengguna jalan lainnya. "Kami memohon izin dan permisi kepada masyarakat Jabar dan Jakarta untuk menggunakan jalurnya nanti demi kepentingan negara," ujarnya.

Sebelumnya Direktur Utama PT Pindad International Logistic (PT PIL), Suresh Ferdian melalui Direktur perencanaan dan pemasaran Galih Nurbuana, Rabu (27/9/2023) di Bandung mengungkapkan PT PIL sudah sangat siap mengirimkan kendaraan Maung pesanan Kementerian Pertahanan RI. 

"Rencananya akan ada MoU di Jakarta pada 15 Oktober 2023. Itulah salah satu persiapan kami untuk mempersiapkan tantangan dari induk PT Pindad terkait 5000 (mobil) Maung yang dipesan Kemhan RI, karena tentunya tak seluruh diserahkan ke Kemhan, tetapi ke semua wilayah Nusantara," ujarnya.

Untuk diketahui Kemhan RI memesan 5000 unit mobil Maung buatan PT Pindad, dan PT PIL ditunjuk untuk melakukan pengiriman unit mobil tersebut. Maung, memiliki spek mobil tempur. Maung merupakan singkatan dari manusia unggul. Pemberian nama Maung diberikan oleh Prabowo Subianto, ia berharap Maung bisa menjadi sarana prasarana yang bisa diunggulkan.
 

***

tags: #pt pindad (persero) #pt pindad international logistic #kementerian pertahanan #maung #pomdam

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI