15 Napi Rutan Salatiga Diusulkan Bebas Bersyarat, Kok Bisa?

Pemberian program Integrasi ini menjadi bentuk apresiasi kepada napi yang telah taat dan patuh pada aturan.

Rabu, 11 Oktober 2023 | 14:43 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Salatiga – 15 Napi di Rutan Kelas IIB Salatiga diusulkan mendapat program Integrasi berupa Cuti Bersyarat dan pembebasan bersyarat. Usulan ini disampaikan dalam sidang tim pengamat permasyarakatan (TPP).

Adapun sidang TPP digelar di Aula Rutan pada Selasa 10 Oktober 2023. Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan sidang TPP menjadi salah satu sarana evaluasi penentuan apakah napi layak diusulkan mendapatkan program Integrasi atau tidak dan tentunya persyaratan baik administrasi maupun substansi telah terpenuhi.

BERITA TERKAIT:
15 Napi Rutan Salatiga Diusulkan Bebas Bersyarat, Kok Bisa?

“Sidang TPP juga Pembimbing Kemasyarakatan dari Balai Pemasyarakatan dan juga dilakukan pembahasan mengenai perkembangan ataupun keadaan napi selama menjalani masa pidana  dan tentunya telah mengikuti pembinaan dengan baik dibuktikan dengan nilai dalam Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana telah terpenuhi serta tidak melanggar aturan,” kata Andri.

Dalam pemberian program Integrasi ini juga menjadi bentuk apresiasi kepada napi yang telah taat dan patuh pada aturan serta menjadi hak yang diperoleh secara Gratis alias Tidak Dipungut Biaya Apapun.

Sementara itu salah satu napi yang diajukan program pembebasan bersyarat. Danang yang masuk Rutan karena perkara narkotika ini mengaku senang dan tentunya dengan program ini dirinya sangat bersyukur dan berjanji menjadi pribadi yang lebih baik.

“Saya sangat senang dan bersyukur, dengan pemberian program pembebasan bersyarat ini saya berjanji akan menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan pembinaan dan pembimbingan yang saya ikuti selama di Rutan ini menjadi pengalaman yang sangat berharga. Saya diajari pelatihan resin, rebana, pembinaan rohani dan lainnya sehingga menjadi modal penting bagi saya saat bebas nanti,” pungkasnya.

***

tags: #program integrasi #rutan kelas iib salatiga #cuti bersyarat #pembebasan bersyarat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI