Tingkatkan Pengurusan KIA, Disdukcapil Klaten Ciptakan Inovasi Baru "Bunga Matahari"

Pengurusan KIA dapat dilakukan secara kolektif melalui sekolah.

Kamis, 26 Oktober 2023 | 09:11 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten menciptakan iniovasi baru dalam peningkatan pelayanan pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA). Inovasi tersebut diberi nama “Bunga Matahari”, atau Buat Menyenangkan Anak Mendapatkan Manfaat Lebih Kartu Identitas Anak Harapan Kita.

Sub Koordinator Kerja Sama Bidang Inovasi Disdukcapil Klaten, Kurniasari Chandraningrum mengatakan Inovasi tersebut merupakan terobosan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencatatan peristiwa kelahiran anak.

BERITA TERKAIT:
Tingkatkan Pengurusan KIA, Disdukcapil Klaten Ciptakan Inovasi Baru "Bunga Matahari"

“Hari ini menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi siswa TK Ar-Royyan, Ceper. Hal ini merupakan salah satu inovasi Disdukcapil Klaten yang bertujuan untuk mengoptimalkan hak anak dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencatatan peristiwa kelahiran,” ungkapnya, Rabu.

Untuk meningkatkan manfaatkan dari KIA, menurutnya Disdukcapil Klaten menjalin kerja sama dengan pihak swasta yang bergerak di bidang perdagangan dan wisata. Melalui kerja sama tersebut, pemegang KIA akan mendapatkan keuntungan khusus yang telah disepakati, seperti potongan harga tiket masuk maupun harga khusus saat berbelanja.

“Pengurusan KIA dapat dilakukan secara kolektif melalui sekolah, sehingga semakin mempermudah masyarakat. Untuk meningkatkan benefit dari KIA, kami juga menjalin dengan pihak swasta seperti Prilon Park Ketandan, Umbul Ponggok, Amigo, dan beberapa pihak lainnya. Kerja sama ini terus diperluas sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, pihak sekolah yang bekerja sama merasa dipermudah dalam proses pembuatan Kartu Identitas Anak(KIA) ini.

“Dari orang tua tanggapannya bagus karena alhamdulillah dari sekolah bekerja sama dengan Disdukcapil jadi lebih mudah, cepat, dan tidak mengeluarkan biaya,” ungkap Yati, guru TK Ar-Royyan Ceper.

***

tags: #bunga matahari #disdukcapil #klaten #kartu identitas anak

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI