Polres Purbalingga bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Purbalingga menggelar Sarasehan Pilkada 2020, di Obyek Wisata Greend Sabin, Desa Cipaku Kecamatan Mrebet, Kamis (25/6), Foto: Istimewa

Polres Purbalingga bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Purbalingga menggelar Sarasehan Pilkada 2020, di Obyek Wisata Greend Sabin, Desa Cipaku Kecamatan Mrebet, Kamis (25/6), Foto: Istimewa

Perlu Sinergitas untuk Sukseskan Pilkada di Tengah Pandemi

Berita hoaks patut diwaspadai dalam pelaksanaan tahapan Pilkada.

Jumat, 26 Juni 2020 | 07:02 WIB - Politik
Penulis: Joko Santoso . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Purbalingga - Sinergitas antara jajaran kepolisian dan wartawan sangat diperlukan terkait pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. Kabupaten Purbalingga termasuk salah satu wilayah yang akan menggelar hajatan politik tersebut. 

"Kita harus bersama-sama mensukseskan Pilkada yang dilaksanakan di tengah pandemi ini," kata Wakapolres Purbalingga Kompol Sopanah, dalam Sarasehan Pilkada Purbalingga yang diselenggarakan oleh Polres Purbalingga bersama Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Purbalingga di Objek Wisata Green Sabin Desa Cipaku Kecamatan Mrebet, Kamis (25/6).

BERITA TERKAIT:
Pamor Wicaksono Gelar Pertemuan Bareng Bacabup Narjo dan Caleg DPR RI Shanty Alda Nathalia
Konsolidasi Tiga Pilar, Mbak Ita Pastikan Pemkot Siap Terlibat Jaga Kamtibmas
Asrofi Ambil Formulir Pandaftaran Bacawabup di Kantor PKB dan PDIP Brebes
Ketua KPU: Caleg Terpilih harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024
Nana Sudjana Ajak Pepabri Sukseskan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Jateng

Sopanah menyampaikan salah satu hal yang patut diwaspadai saat pelaksanaan tahapan Pilkada adalah maraknya berita hoaks. Oleh karena itu pihaknya berharap jajaran PWI Purbalingga dan wartawan bisa menangkal menyebarnya berita hoaks tersebut.

"Salah satunya dengan membuat berita yang akurat dan memberikan suasana yang positif bagi masyarakat," ungkapnya.

Kendati masih berada di masa pandemi korona, menurutnya pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang sudah menjadi keputusan pemerintah. Oleh karena itu jajaran kepolisian sebagai petugas keamanan siap mengamankannya.

"Kami mohon dukungan kerja sama dengan kalangan wartawan agar semua bisa berjalan lancar," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Purbalingga Joko Santoso dalam kesempatan yang sama menyampaikan Pilkada 9 Desember mendatang merupakan Pilkada yang dilaksanakan di tengah masih meningkatnya jumlah penderita korona. Merupakan tugas bersama antara wartawan dan stake holder lainnya untuk mengawal proses tersebut agar tetap sesuai dengan aturan.

"Kami siap untuk menangkal berita hoaks yang tujuannya malah membuat suasana menjadi tidak kondusif. Tentunya bersama-sama bersinergi dengan jajaran kepolisian," tandasnya.

Sejumlah pejabat utama Polres Purbalingga yang lain hadir dalam acara tersebut. Masing-masing  adalah Kabag Ops Kompol Pujiono, Kabagren Kompol Herni Suharyati, Kasat Intelkam Kompol Siswoto, Kasat Reskrim AKP Meiyan Priyantoro, Kasat Resnarkoba Iptu Mufti Is Efendi, Kasat Sabhara Iptu Wartono, Kasat Lantas AKP Indri Endrowati dan Kasubag Humas AKP Widyastuti.

Peserta sarasehan adalah pengurus serta anggota PWI dan wartawan yang melaksanakan liputan di Kabupaten Purbalingga. Dalam kesempatan tersebut wartawan juga bersepakat untuk melawan berita hoaks dan kampanye hitam yang bisa mengganggu kondusifitas pelaksanaan Pilkada.

***

tags: #pilkada #purbalingga #wartawan #polisi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI