PPIH Daker Makkah Bersiap Menerima Kedatangan Jemaah

PPIH juga menyiapkan layanan ramah jemaah haji lansia.

Jumat, 17 Mei 2024 | 13:36 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Makkah -- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah mulai bersiap menerima kedatangan jemaah. Sebanyak 573 petugas yang tersebar di Kantor Daker, 11 Sektor, dan satu sektor khusus Masjidil Haram mulai bersiaga di pos layanan masing-masing.

"Pastikan seluruh hak jemaah di Kota Makkah ini dapat terpenuhi," tegas Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam dikutip dari laman Kemenag, Jumat.

BERITA TERKAIT:
Jemaah Haji Lampung yang Wafat di Tanah Suci Sebanyak Enam Orang
Fase Kepulangan Jemaah Haji, Kemenag Harap Tak Ada Keterlambatan Penerbangan
Bus Shalawat Kembali Beroperasi Mulai Hari Ini
Innalillahi, Seorang Jemaah Haji asal Indonesia Wafat di Makkah
Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Wafat 84 Orang

Jasam meminta pengecekan semua layanan dilaksanakan dengan detil.

"Untuk seluruh Ketua Sektor, saya minta pelajari juga kontrak yang telah dibuat tim akomodasi dengan penyedia hotel," pesan Nasrullah.

"Selanjutnya, pastikan seluruh layanan yang ada dalam kontrak terpenuhi, hak jemaah harus terpenuhi. Periksa dengan detil," sambungnya.

Kepala Daker Makkah Khalilurahman menyampaikan, pergerakan jemaah dari Madinah menuju Makkah akan dimulai pada 20 Mei 2024. "Berdasarkan jadwal, jemaah akan mulai masuk Makkah pada 20 Mei 2024 malam," tutur Khalilurahman.

Pihaknya akan memfinalisasi kesiapan seluruh layanan, seperti akomodasi, layanan konsumsi, hingga transportasi bus shalawat.

"Bahkan akan kita cek juga kesiapan layanan bimbingan ibadah. Mengingat, ibadah-ibadah yang menjadi rukun dan wajib haji ada di Makkah," sambungngya.

Khalil, begitu ia biasa disapa, juga mengungkapkan semangat haji ramah lansia akan mewarnai pelayanan di Makkah.

"Layanan ramah lansia akan kita siapkan, mulai dari kebijakan penempatan di hotel, penyiapan bus low deck bagi jemaah lansia dan disabilitas, hingga penyiapan pembimbing ibadah di sektor maupun daker," terang khalil.

***

tags: #makkah #jemaah haji #ppih

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI