Jemaah Haji Lampung yang Wafat di Tanah Suci Sebanyak Enam Orang

Puji berharap tidak ada lagi jamaah haji asal Lampung yang wafat di Tanah Suci.

Minggu, 23 Juni 2024 | 15:31 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Makkah - Terdapat enam jemaah haji asal Lampung yang meninggal dunia saat menjalankan ibadah di Tanah Suci karena sakit dan kelelahan. Hal tersebut disampaikan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung.

"Dari enam orang yang wafat itu, lima karena sakit dan sempat diberikan perawatan di rumah sakit dan satu karena kelelahan," kata Kepala kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo, Minggu.

BERITA TERKAIT:
Musim Haji 2024, Jemaah Indonesia yang Wafat di Tanah Suci Mencapai 441 Orang
Sebanyak 62 Jemaah Masih Dirawat di Rumah Sakit Saudi
Kemenag Ungkap Empat Fakta Kesuksesan Haji 2024
Jemaah Haji Debarkasi Solo yang Wafat di Tanah Suci 80 Orang, Turun Dibanding Tahun Sebelumnya
Kloter KJT-30 Tutup Fase Pemulangan Jemaah Haji Indonesia 2024

Dia pun berharap tidak ada lagi jamaah haji asal Lampung yang wafat di Tanah Suci saat menjalankan ibadah maupun dalam perjalanan pulang ke Tanah Air.

"Mari kita doakan semua jamaah bisa selamat dan sehat saat pulang ke Indonesia, khususnya di Lampung," kata dia.

Puji Raharjo mengungkapkan tingkat kematian peserta haji Lampung pada 2024 terbilang rendah, apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai puluhan jiwa.

"Mudah-mudahan tidak nambah lagi, cukup enam saja yang meninggal dunia. Tapi kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya ini angka kematian terendah, karena di 2023 saja sebelum puncak haji sudah ada puluhan orang yang wafat. Tapi ini kita lihat puncak haji sudah berlalu, dan enam yang meninggal dunia," katanya.

Ia berpesan kepada jamaah haji yang masih di Tanah Suci untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar hotel karena cuaca di Arab Saudi sedang panas. "Kami minta jamaah haji itu untuk beribadah di hotel, jangan terlalu lama di luar serta tetap menjaga kondisi tubuh sampai kepulangan," katanya.

Adapun enam calhaj yang meninggal dunia di Tanah Suci berasal dari Kota Bandarlampung dua orang, Kabupaten Lampung Timur dua orang, Tanggamus satu orang, dan Tulangbawang Barat satu orang.

Diketahui sebanyak 393 peserta haji Lampung Kelompok Terbang (Kloter) pertama telah sampai di Asrama Haji usai menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Para jamaah haji disambut oleh Pj Gubernur Lampung Samsudin, Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo, dan Ketua MUI Lampung Prof Moh Mukri dan Wakil Wali Kota Bandarlampung Deddy Amarullah.

***

tags: #jemaah haji #wafat #makkah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI