Pemkab Cilacap Dukung Germas Agar Masyarakat Biasa Hidup Sehat

Dari fenomena yang ada di masyarakat, kesadaran untuk melakukan aktifitas fisik meningkat.

Jumat, 28 Juni 2024 | 06:58 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Mitra dalam Rangka Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Hotel Dafam Cilacap, Kamis (27/6/2024). 

Kegiatan itu merupakan langkah pemerintah setempat untuk mencari solusi bagaimana cara mengedukasi kepada masyarakat dengan membiasakan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat melalui Germas.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Cilacap Dukung Germas Agar Masyarakat Biasa Hidup Sehat
Pemkab Cilacap Serius Wujudkan Keamanan Pangan untuk Masyarakat
Pamerkan Produk Unggulan UMKM, Pekan Promosi Cilacap Expo 2024 Resmi Dibuka
Terus Berusaha Beri Layanan Terbaik ke Masyarakat, Pemkab Cilacap Luncurkan MPP Online
Pekan Depan Pemkab Cilacap akan Adakan Pasar Murah di Desa Kuripan Kidul

Kegiatan itu diadakan, karena saat ini Kabupaten Cilacap memiliki tantangan serius dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat. Pemberantasan penyakit infeksi, kasus penyakit tidak menular meningkat dan jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi, kembali muncul. Tiga hal itulah merupakan permasalahan kesehatan yang menjadi sorotan.

Saat membuka acara tersebut, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Sujito, mengatakan ada perubahan perilaku hidup di masyarakat. “Di era setelah tahun 90-an jenis penyakit yang berkembang mengalami perubahan yaitu meningkatnya penyakit yang tidak menular tapi membahayakan, contohnya stroke, jantung, hal ini dipengaruhi pola perilaku hidup dan pola makan yang mengalami perubahan,” ujarnya.

Adapaun penyebab perubahan pola hidup yaitu, pendapatan masyarakat yang semakin meningkat sehingga mempengaruhi peningkatan daya beli. Perubahan ini, harus diimbangi dengan menjalankan germas yaitu melakukan aktifitas fisik agar badan tetap bugar, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, dan membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Peran pemerintah dalam mengedukasi Germas kepada mayarakat sangat dibutuhkan. Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pramesti Giana Dewi saat pemaparan materi menyampaikan, “Semua Perangakat Daerah  yang ada di Kabupaten Cilacap, semua komponen bangsa, bahkan semua karyawan-karyawatinya dengan kemauan, kesadaran dan, kemampuan mempunyai kewajiban mengedukasi tentang pentingnya germas kepada masyarakat. Bisa disampaikan dalam kegiatan non formal seperti kegiatan RT, PKK dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup.”

Dari fenomena yang ada di masyarakat, kesadaran untuk melakukan aktifitas fisik meningkat. Misalnya senam yang dilaksanakan ibu-ibu sampai ke desa-desa, menigkatnya komunitas bersepeda, pencinta lari dan juga jalan. “Olah raganya jalan, biayanya murah, tapi sepatu yang dipakai mahal-mahal.” ujar Pramesti.

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat  Novita Kukilowati, titik berat dalam kegiatan ini adalah tindak lanjut yang harus dilaksanakan dalam pelaksanaan Germas. Menemukan bagaimana metode yang  digunakan untuk mengedukasi kepada masyarakat agar mudah dipahami, diingat dan memiliki daya tarik untuk melaksanakannya. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial tiktok.

***

tags: #pemerintah kabupaten cilacap #dinas kesehatan #gerakan masyarakat hidup sehat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI