Empon-empon Ampuh untuk Obati PMK Pada Hewan Ternak? Benar atau Hoaks?

Pemkab Magetan, yang mana beberapa waktu lalu mengklaim bahwa separuh sapi PMK di wilayahnya sembuh setelah diberi ramuan tradisional. 

Minggu, 19 Juni 2022 | 06:55 WIB - Kesehatan
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - empon-empon atau ramuan tradisional seperti jamu diyakini beberapa mampu mengobati berbagai penyakit. Tak terkecuali pada wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini banyak menyerang hewan ternak. 

Hal ini lantas dipraktekan oleh Pemkab Magetan, yang mana beberapa waktu lalu mengklaim bahwa separuh sapi PMK di wilayahnya sembuh setelah diberi ramuan tradisional. 

BERITA TERKAIT:
BKOW Jateng Ajak Para Wanita Tekuni Usaha Obat Herbal dari Empon-Empon
Empon-empon Ampuh untuk Obati PMK Pada Hewan Ternak? Benar atau Hoaks?
Penjualan Empon Empon Boyolali Tembus Pasar Mancanegara
Empon-empon Banyak Diburu, Seiring Meningkatnya Kasus Covid-19

Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magetan mencatat dari 1.790 sapi yang terpapar PMK 50 persennya sudah mengalami kesembuhan. 

Dispeterikan Kabupaten Magetan pun giat melakukan sosialisasi penggunaan obat tradisional untuk mencegah penularan PMK. seperti, empon-empon dan rempah-rempah. Mengingat saat ini masih belum tersedia vaksin untuk sapi PMK.

Lantas benarkah secara ilmiah jamu tradisional atau empon-empon bisa menyembuhkan penyakit PMK?

Dosen Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada (UGM) Slamet Raharjo menjelaskan, jamu tradisional atau empon-empon bukan obat untuk mematikan virus pada sapi yang terkena PMK

Pemberian jamu tradisonal atau empon-empon manfaatnya untuk meningkatkan imunitas sapi yang sedang terkena PMK. Sebab, dalam tanaman untuk pembuatan jamu tradisional atau empon-empon terdapat kandungan curcumin. Curcumin dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. 

"PMK ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Kita tahu secara medis sampai saat ini belum ada satupun obat anti virus yang dapat membunuh virusnya secara langsung, sehingga pengobatan-obatan yang selama ini dilakukan adalah pengobatan sportif," ujar Slamet Raharjo.

Slamet Raharjo menjelaskan, virus dalam PMK pada ternak cepat menular dan menyebab kesakitan tinggi. 

Namun, tingkat kematiannya rendah, sehingga pemberian jamu tradisional atau empon-empon memberikan manfaat tinggi untuk meningkatkan imunitas.

***

tags: #empon-empon #pmk #dinas peternakan dan perikanan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI