Puluhan Remaja Antusias Ikuti Khitanan Massal di Solo

Para peserta tidak hanya khitanan massal gratis, mereka juga memperoleh suvenir berupa seragam Persis Solo.

Senin, 08 Mei 2023 | 06:50 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Solo – Sebanyak 50 remaja antusias mengikuti khitanan massal di yang digelar oleh suporter dan pendukung klub sepak bola Persis Solo yang tergabung dalam komunitas Garis Keras Sambernyawa.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RS UNS Coana Sukmagautama mengatakan pihaknya terbuka terhadap kolaborasi seperti yang dilakukan komunitas pendukung Persis Solo Garis Keras Sambernyawa.

BERITA TERKAIT:
IDI dan Dompet Dhuafa Gelar Khitan Massal dan Layanan Kesehatan Gratis di NTT
Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 Khitankan 100 Anak Desa Jayanti Tangerang
Sebanyak 100 Anak Antusias Ikuti Khitanan Massal di Klaten
Ratusan Anak Antusias Ikuti Khitanan Massal di Boyolali
IKA SMALAN Berkolaborasi dengan Jalapati dan Lanal Semarang Adakan Khitanan Massal

Pihaknya bangga bisa ikut membantu khitanan massal biar masyarakat yang dirasa kurang mampu juga tidak terbebani dengan biaya yang mungkin cukup tinggi untuk khitan. Meski kegiatan sosial, tetapi pelayanan diberikan tetap sesuai standar. Para peserta dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Kemudian dilakukan tes usap sebelum melaksanakan proses khitanan.

Sementara itu, Ketua Umum Pendukung Persis Solo Garis Keras Sambernyawa Bayu Raharja  kegiatan tersebut digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-13 yang digelar di Rumah Sakit Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Minggu.

Kegiatan tersebut hasil swadaya yang dikumpulkan anggota komunitas Garis Keras Sambernyawa.

"Kami rutin melakukan kegiatan sosial terlebih saat ulang tahun komunitas. Jadi dulunya dari pendiri-pendiri kami sudah menekankan kalau setiap ada ulang tahun  memberikan sosial kepada masyarakat," kata Bayu Raharja.

Ia juga ingin anggotanya konsisten untuk tetap mendukung Laskar Sambernyawa, julukan bagi Persis Solo, sekaligus bermanfaat bagi masyarakat umum.

Program sosial ini, mendapat antusiasme cukup tinggi dari para peserta khitanan massal dimana pendaftar mencapai 486 orang. Mereka berasal dari seluruh eks Karesidenan Surakarta seperti Solo, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Karanganyar dan Sragen.

Dia mengakui pihaknya masih belajar menggelar acara sosial ini. Dia berharap di kegiatan selanjutnya mampu mengakomodir lebih banyak peserta.

"Karena ini tahun pertama yang kami ambil sekitar 50 peserta mungkin di tahun depan bisa lebih banyak," katanya.

Selain itu, para peserta tidak hanya khitanan massal gratis, mereka juga memperoleh suvenir berupa seragam Persis Solo dan uang saku dari komunitas Garis Keras Sambernyawa.

Menurut dia, kalau biaya standar rumah sakit satu orang Rp1,5 juta, tapi karena pihaknya berkolaborasi dengan RS UNS, maka diberi keringanan setengahnya. Tapi untuk peserta semua gratis, ditanggung panitia penyelenggara.

***

tags: #khitanan massal #persis solo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI