Mbak Ita Blak-Blakan Sebut Pariwisata Kota Semarang Belum Terlalu Dikenal di Mancanegara

Mbak Ita berharap perlunya promosi berupa pembuatan satu brosur untuk manca negara. 

Selasa, 11 Juli 2023 | 09:14 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, SemarangWalikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengakui Pariwisata Kota Semarang, Jawa Tengah belum terlalu dikenal di mancanegara. Sehingga dia berharap ada badan promosi untuk mempromosikan kota Semarang.

Walikota yang akrab disapa Mbak Ita ini mengungkapkan hal tersebut usai adanya kunjungan kerja ke Korea Selatan.

BERITA TERKAIT:
Fenomena Udara Panas, Mbak Ita Sampaikan Sejumlah Himbauan untuk Warga Semarang
Mbak Ita Tegaskan Kali Semarang Harus Bersih
Sambangi PDIP Kota Semarang, Anang Budi Utomo Daftar Bursa Calon Wakil Walikota
Mbak Ita Tunggu Restu Keluarga soal Pilwalkot Semarang
DPC PDIP Sebut Hingga Saat Ini Belum Ada Kabar soal Mbak Ita akan Ambil Formulir Pilwalkot

“Kemarin saat saya ada acara dengan Menteri PUPR ke Korea Selatan, ternyata Semarang ini belum terlalu dikenal. Memang kalau secara tingkat nasional sudah dikenal tetapi belum menggigit. Maka perlu lebih dikenalkan, caranya dengan berkolaborasi,” kata Mbak Ita, dalam keterangan tertulis, Senin (10/7).

Dia menyebut semua pihak harus bergerak bersama tidak hanya berkaitan Pariwisata saja namun juga perdagangan dan sektor jasa sesuai visi misi Kota Semarang. Terlebih, Semarang telah membranding diri sebagai Simpul Ekonomi Jawa, sehingga modal geografis ini menurut Mbak Ita perlu dimaksimalkan demi meraih keuntungan ekonomi. 

Sejauh ini baik Pemerintah Kota Semarang dengan pengusaha perhotelan dan restoran sudah berjalan namun diakuinya belum maksimal. Seperti contoh perlunya hotel-hotel membuatkan pojok UMKM di lobby atau ruang lain sehingga menjadi promosi dan penjualan bagi tamu yang menginap. 

“Saya melihat sudah ada beberapa hotel yang sudah melakukan itu untuk UMKM. Sebaliknya, Pemkot kalau ada kegiatan ya kita ajak pelaku hotel terlibat,” terangnya.

Demi semakin mengenalkan Kota Semarang, Mbak Ita juga berharap perlunya promosi berupa pembuatan satu brosur untuk manca negara. 

“Kita buat satu brosur tapi yang mencakup hotel, restoran lalu ada kolaborasi apa sih yang mendapatkan benefit dari seorang wisatawan dan pengusaha saat ke Kota Semarang,” imbuh dia.

Selain itu, perlunya pula pihak hotel melalui koneksi dan jaringannya turut mengenalkan Semarang ke mancanegara. Tak hanya itu, pihaknya juga mulai memberikan tugas pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang untuk membentuk semacam badan promosi Pariwisata Semarang. 

“Memang harusnya ada badan pengelola Pariwisata di mana menjadi partner Disbudpar. Nah ini yang sedang disusun dan saya minta dari badan promosi Pariwisata ini orang-orang dari hotel, restoran, agent travel. Benar yang terlibat yakni mereka yang bergerak di bidangnya,” tandas dia.

***

tags: #walikota semarang #mbak ita #pariwisata

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI