Kasi Binadik Giatja Lapas Brebes, Oky Trisna,.menerima kunjungan  tim dari BNPT dan Ditjenpas di lapas setempat Kamis (16/5/2024). Foto. Eko S/Kuasakata.com

Kasi Binadik Giatja Lapas Brebes, Oky Trisna,.menerima kunjungan tim dari BNPT dan Ditjenpas di lapas setempat Kamis (16/5/2024). Foto. Eko S/Kuasakata.com

Sinergi dengan BNPT, Lapas Brebes Laksanakan Program Deradikalisasi

Kerjasama ini akan sangat bermanfaat bagi kami dalam meningkatkan pembinaan terhadap napiter.

Jumat, 17 Mei 2024 | 09:43 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Brebes - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes, Kanwil Kemenkumham Jateng bersinergi dengan BNPT melaksanakan program deradikalisasi. Kegiatan tersebut dalam rangka kelanjutan pembinaan kepada Narapidana Tindak Pidana Terorisme (napiter) di lapas setempat.

Kepala Lapas (Kalapas) Brebes, Isnawan menyambut baik sinergitas antara lembaga yang dipimpinnya dengan  BNPT yang selalu terjaga dengan harmonis. 

BERITA TERKAIT:
Lapas Brebes Tandatangani Kerjasama Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dengan Polres Brebes
Lapas Brebes Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat
Lapas Brebes Gelar Rapat Penyusunan dan Draft Perjanjian Kerjasama dengan Polres Brebes
Peringati HANI 2024, Lapas Brebes Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tes Urin
Hasil Survei Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM, Lapas Brebes Sabet Predikat Sangat Baik

'Kerjasama ini akan sangat bermanfaat bagi kami dalam meningkatkan pembinaan terhadap napiter. Dengan adanya kunjungan rutin dari BNPT, kami akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengatasi tantangan yang dihadapi oleh narapidana terorisme. Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan mencegah terjadinya penyebaran ideologi terorisme di dalam lingkungan Lapas Brebes khususnya,” ucap Isnawan. 

Diharapkan, lanjut Isnawan, sinergitas ini akan menjadi contoh kolaborasi yang efektif antara dua instansi pemerintah dalam upaya penanggulangan terorisme. 

"Dengan demikian, keamanan negara dan keselamatan masyarakat dapat terjaga dengan lebih baik dalam menghadapi ancaman terorisme," ucap Isnawan saat dihubungi, Jumat (17/5/2024).

Sebelumnya, Kamis (16/5/2024) tim dari BNPT dan Ditjenpas disambut hangat oleh Kasi Binadik Giatja Lapas Lapas Brebes, Oky Trisna. 

Menurut Oky, sinergitas antara Lapas Brebes dan BNPT memiliki fungsi yang sangat penting. Pertama, sinergi ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan terhadap narapidana terorisme yang menjalani masa pidana di Lapas Brebes

"Dengan adanya program deradikalisasi ini diharapkan akan mencegah adanya upaya radikalisasi atau rekrutmen terhadap narapidana lain di dalam Lapas," lanjut Oky.

Kedua, papar Oky, sinergitas ini juga bertujuan untuk melaksanakan pembinaan terhadap napiter secara lebih intensif. Dalam kegiatan ini memberikan pembinaan kepada napiter dengan fokus pada deradikalisasi, rehabilitasi, dan reintegrasi ke dalam masyarakat.

"Pembinaan ini bertujuan untuk mengubah pemikiran dan perilaku napiter agar dapat kembali menjadi anggota yang produktif dalam masyarakat setelah menjalani masa hukuman di Lapas Kelas IIB Brebes," pungkas Oky.

***

tags: #lembaga pemasyarakatan #brebes #deradikalisasi #napiter

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI