Pendidikan di Sumut Siap Melesat di Era AI bersama REFO

Perkembangan dan pemanfaatan AI dalam pembelajaran tidak mungkin dihindari.

Senin, 18 Maret 2024 | 23:59 WIB - Didaktika
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Medan- PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) kembali menggemakan transformasi digital pendidikan. Program REFO Roadshow "Mempersiapkan Sekolah di Era AI" ini diselenggarakan pada Rabu (20/3/2024), pukul 8.00 - 12.00 di Clapham Collective, Kota Medan. REFO mengundang pemangku kepentingan pendidikan dari berbagai kota dan kabupaten di Sumatera Utara untuk bergabung dalam acara tersebut.

Setelah sukses dengan program REFO Roadshow "Transformasi Digital On-the-Go" pada tahun 2023, tahun ini REFO kembali menggelar roadshow dengan tema "Mempersiapkan Sekolah di Era AI", yang akan diselenggarakan di Medan, Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

BERITA TERKAIT:
REFO Hadirkan Terobosan untuk Mengeksplorasi Peran Teknologi dalam Pendidikan
Pendidikan di Sumut Siap Melesat di Era AI bersama REFO
REFO Hadirkan Forum Interaktif Pendidikan Bertema Kecerdasan Buatan
REFO Dampingi Kota Madiun Merebut Generasi Emas 2045
Jawa Tengah Siap Lakukan Transformasi Digital Pendidikan bersama REFO

Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Analoginya, AI itu seperti memiliki teman robot yang sangat pintar dan berpengetahuan luas, yang dapat membantu kita mengerjakan banyak hal. Pada dasarnya AI bertujuan untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan manusia, dari hal sederhana seperti membuat gambar hingga hal yang rumit seperti mengendarakan mobil. Namun, karena AI bekerja dengan menggabungkan sekumpulan besar data yang "diajarkan" kepadanya, maka kemampuan AI pun terbatas pada manusia yang menciptakan dan "mengajarinya".

Perkembangan AI telah begitu masif, dan kehadirannya menjadi salah satu faktor substansial yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Tahun lalu, AI masih merupakan topik hangat, tetapi tahun 2024 ini AI telah menjadi bagian integral dalam bidang pendidikan. Oleh sebab itu, sekolah harus siap menghadapi era AI ini, karena sekolah memiliki peran krusial dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh perkembangan zaman.

Direktur REFO, Pepita Gunawan, menyatakan bahwa perkembangan dan pemanfaatan AI dalam pembelajaran tidak mungkin dihindari. Oleh karenanya, sekolah harus mampu mengadaptasinya dengan bijak dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sebagai Google for Education Partner di Indonesia, REFO mengajak institusi pendidikan untuk bersama-sama membahas tuntas bagaimana mengintegrasikan AI dalam sistem pembelajaran berbasis teknologi Google.

"AI itu sangat luas, dan banyak sekali alat serta fitur bertenaga AI yang dapat kita optimalkan untuk pendidikan. Dalam program 'Mempersiapkan Sekolah di Era AI' ini, kita akan bahas perspektif Google for Education tentang AI dan potensinya untuk mentransformasi pembelajaran. Harapan saya, REFO dapat memberikan ide-ide segar beserta langkah-langkah konkrit implementasi AI di sekolah," ujar Pepita Gunawan.

Pembahasan utama dalam acara ini adalah: (1) Memulai persiapan sekolah menghadapi era AI; (2) AI dalam pembelajaran; (3) Mengelola sekolah dengan AI; (4) Sharing bersama Sekolah Rujukan Google.

Adapun pembicara dalam program eksklusif ini adalah: (1) Tiffany Santosa - Program Manager Google for Education; (2) Pepita Gunawan - Direktur REFO; (3) Steven Sutantro - Principal Learning Consultant REFO; (4) Febriandrini Kumala - Wakil Direktur Lazuardi Al-Falah, Klaten (Sekolah Rujukan Google).

Dalam acara itu juga akan diadakan Klinik 4L (Laptop Lemot Langsung Lincah), di mana peserta dapat membawa laptop lamanya untuk diremajakan dengan ChromeOS Flex, sistem operasi komputer canggih dengan berbagai keunggulan yang akan membuat laptop jadul kembali lincah dan produktif.

Acara REFO Roadshow "Mempersiapkan Sekolah di Era AI" tidak dipungut biaya, dengan kapasitas terbatas, dan khusus ditujukan kepada pemimpin yayasan dan/atau pemimpin institusi pendidikan, atau kepala/pengelola divisi TIK dalam institusi pendidikan.

Anda tertarik bergabung dalam program ini? Silakan menghubungi REFO melalui Chairis Yoga melalui email [email protected] atau Ria Ayu Prastiti melalui email [email protected].

***

tags: #refo #sumatera utara #artificial intelligence

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI