REFO Dampingi Kota Madiun Merebut Generasi Emas 2045

Saat ini, di Indonesia baru terdapat lima sekolah swasta yang sudah menjadi Sekolah Rujukan Google.

Jumat, 21 Juli 2023 | 22:31 WIB - Didaktika
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Madiun- PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) meresmikan kerja sama dengan Pemerintah Kota Madiun terkait Program Pendidikan Madiun Goes Digital di Kota Madiun. Kerja sama tersebut disahkan oleh Direktur REFO, Pepita Gunawan dan Drs H Maidi, SH, MM, MPd, selaku Walikota Madiun, bersamaan dengan acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023/2024 di Ngrowo Bening Edupark, Madiun, pada tanggal 17 Juli 2023.

Pemerintah Kota Madiun sangat progresif dalam hal transformasi digital pendidikan, dan telah membagikan 9.400 Chromebook gratis untuk siswa jenjang SD dan SMP. Untuk ini, Pemerintah Kota Madiun berhasil memecahkan rekor dan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai pembagian Chromebook terbanyak. Jadi seluruh SD dan SMP negeri di Kota Madiun sudah menggunakan Chromebook, satu Chromebook untuk satu siswa.

BERITA TERKAIT:
Usung Tema "Tren AI dalam Pembelajaran Berbasis Google", REFO Sukses Selenggarakan G-Schools Indonesia Summit (GSIS) 2024
REFO Hadirkan Terobosan untuk Mengeksplorasi Peran Teknologi dalam Pendidikan
Pendidikan di Sumut Siap Melesat di Era AI bersama REFO
REFO Hadirkan Forum Interaktif Pendidikan Bertema Kecerdasan Buatan
REFO Dampingi Kota Madiun Merebut Generasi Emas 2045

Sebagai Google for Education Partner di Indonesia, REFO mendampingi Kota Madiun melaksanakan digitalisasi dalam lingkungan pendidikan. Hal itu karena REFO adalah mitra yang andal, dan spesialis dalam bidang pendidikan. Adapun program yang termasuk di dalamnya adalah:

1. Pelatihan pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Madiun.
2. Pelatihan pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education untuk Kepala Sekolah dan Guru seluruh SD dan SMP negeri di Kota Madiun.
3. Melakukan pemantauan dan evaluasi praktik baik pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education di seluruh SD dan SMP negeri di Kota Madiun.
4. Pendampingan tiga sekolah untuk menjadi Sekolah Rujukan Google (Google Reference School).
5. Pendampingan program pembuatan bukti karya praktik baik pemanfaatan Chromebook dan Google 5. Workspace for Education, di mana "Penghargaan Program Pendidikan Madiun Goes Digital" menjadi puncak rangkaian program tersebut, yang rencananya akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Guru Nasional pada bulan November 2023.

Kerja sama REFO dengan Pemerintah Kota Madiun ini akan memberikan banyak manfaat untuk Kota Madiun, khususnya dalam bidang pendidikan. Bukan hanya pengembangan profesi SDM pendidikan, tetapi juga pelaksanaan digitalisasi pembelajaran serta mewujudkan Sekolah Rujukan Google (Google Reference School). 

Saat ini, di Indonesia baru terdapat lima sekolah swasta yang sudah menjadi Sekolah Rujukan Google, dan Kota Madiun bertekad menjadi kota pertama dengan sekolah negeri yang menjadi Sekolah Rujukan Google

Adapun sekolah yang dipersiapkan untuk menjadi Sekolah Rujukan Google adalah SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 13. 

Sekolah Rujukan Google merupakan salah satu indikator Smart School, hal itu seiring dengan tekad Kota Madiun menjadi Smart City. 

REFO juga akan mendampingi Kota Madiun untuk mengaplikasikan ChromeOS Flex ke perangkat-perangkat komputer lama agar dapat kembali lincah dan dapat diberdayakan dalam program digitalisasi pendidikan ini. Total perangkat lama yang akan diremajakan menggunakan ChromeOS Flex adalah sejumlah 5.425 unit.

"Informasi dan teknologi merupakan unsur yang tidak dapat ditinggalkan untuk mengakses dunia. Karenanya, anak-anak kita harus melek digital. Kerja sama kita dengan REFO, sebagai Google for Education Partner, ini terkait dengan pelatihan-pelatihan dan pendampingan-pendampingan, yang akan sangat membantu Kota Madiun mempercepat transformasi digital pendidikan," kata Walikota Madiun Maidi, dalam keterangan persnya, Jumat (21/7).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur REFO Pepita Gunawan menyampaikan bahwa hari tersebut adalah hari yang istimewa, di mana REFO meresmikan kerja sama dengan Pemerintah Kota Madiun

Dua institusi tersebut berkomitmen untuk saling mendukung dalam hal pengembangan pendidikan di Kota Madiun, termasuk peningkatan kecakapan guru dan siswa. "Visi Kota Madiun adalah 'Terwujudnya Pemerintah Bersih, Berwibawa Menuju Masyarakat Sejahtera'. Sedangkan visi REFO adalah untuk mewujudkan Indonesia baru, yang dipimpin oleh individu-individu yang berketuhanan, holistik, dan bertujuan hidup," ujar Pepita. 

"Bisa dilihat benang merahnya, di mana REFO dan Kota Madiun menitikberatkan kepada manusia, dan manusia-manusia yang ingin kita wujudkan adalah yang memiliki keahlian, integritas, dan berwibawa, agar dapat membangun masyarakat yang lebih sejahtera," sambungnya.

"Kota Madiun sudah siap. Semua fasilitas sudah terpenuhi. Kita tidak lagi menuju Generasi Emas, tetapi kita merebut Generasi Emas. Dengan pendampingan dari REFO, sebagai Google for Education Partner, kita bisa mengetahui pembelajaran di negara-negara maju lainnya. Kurikulum dan budaya pendidikannya seperti apa, kita akan samakan itu," pungkas Maidi.

***

tags: #refo #pemerintah kota madiun #generasi emas 2045 #google

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI