Dataran tinggi Dieng. Foto istimewa

Dataran tinggi Dieng. Foto istimewa

Grojogan Sewu dan Dataran Tinggi Dieng Siap Dibuka untuk Wisatawan

Menunggu rekomendasi dari bupati masing-masing daerah

Rabu, 01 Juli 2020 | 16:10 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Dinilai paling siap dibuka dengan protokol new normal, objek wisata Grojogan Seru yang berada di lerang Gunung Lawu, Karanganyar, siap dibuka kembali untuk para wisatawan. 

Terkait rencana tersebut, pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng) tengah mempersiapkan berbagai hal.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Boyolali bakal Percantik Wisata Edukasi Religi Qalbu dengan Taman Bernuansa Timur Tengah
Ada Hidden Gem di Sukoharjo! WE Land Sunrise View Namanya
Dikenal untuk Pengobatan, Umbul Brintik Klaten Kini Dilengkapi 11 Jenis Terapi
Tambah Jumlah Tower BTS di Jateng, Smartfren Perkuat Jaringan di Jalur Utama Transportasi hingga Objek Wisata
Polres Demak Kerahkan 120 Personil untuk Amankan Sejumlah Obyek Wisata

Menurut Kepala BKSDA Jawa Tengah, Darmanto, pihaknya saat ini sedang mengecek ulang kesiapan sarana dan prasana serta kelengkapan protokol kesehatan yang diberlakukan di kawasan wisata Grojogan Sewu tersebut.

"Jika melihat instruksi Menteri LHK, sejumlah taman wisata alam memang bisa dibuka dengan mengacu protokol new normal. Dari lima taman wisata di Jateng, ada tiga yang dikelola bersama pihak ketiga. Nah, yang paling siap menghadapi new normal baru Grojogan Sewu," kata Darmanto kepada wartawan di Semarang, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya Grojogan Sewu, dua objek wisata lain di Jateng yakni Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara serta Guci di Tegal juga siap dibuka. 


Meski begitu, BKSDA belum mengizinkan kunjungan wisatawan. Hal itu disebabkan belum adanya persetujuan dari masing-masing bupati di daerah itu selaku ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 daerah. 

"Guci dan Dieng belum turun rekomendasi dari bupati. Yang sudah turun baru dari Bupati Karanganyar untuk merekomendasikan Grojogan Sewu dibuka saat new normal," katanya.

Kawasan wisata Grojogan Sewu, tambah Darmanto bisa dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, pihaknya juga meminta jumlah pengunjung dibatasi maksimal 30% dari total yang ada selama ini.

"Kita sudah bicarakan dengan pengelolanya bahwa jumlah pengunjung di Grojogan Sewu dibatasi 30% atau yang boleh masuk maksimal 180 wisatawan," jelasnya.

Nantinya, lanjut Darmanto, akan disebar tim pemantau untuk memonitor perkembangan di sana. Pihaknya pun meminta pengelola menyediakan tempat cuci tangan dan mengatur pengunjung supaya tidak berdesakan.

***

tags: #objek wisata #dieng #karanganyar #tegal #bksda

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI