Ilustrasi gempa bumi, Foto: Istimewa

Ilustrasi gempa bumi, Foto: Istimewa

Gempa Malang 5,3 M Pagi ini Terasa hingga Bantul-Gunungkidul

Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Minggu, 11 April 2021 | 09:54 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Bantul -  gempa bumi kembali mengguncang Malang dengan magnitudo (M) 5,3, Minggu (11/4) pagi. BMKG menyampaikan guncangan gempa tersebut terasa hingga wilayah Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Dampak gempa dirasakan di Gunungkidul, Bantul, Kulon Progo II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis.

BERITA TERKAIT:
Wilayah Malang Diguncang Gempa Magnitudo 5,3
Aktivitas Kegempaan Gunung Slamet Meningkat Sebulan Ini
Wilayah Lumajang Jatim Diguncang Gempa Magnitudo 5,2
Sejumlah Rumah di Pangandaran Rusak akibat Gempa Garut
Perairan Selatan Jawa Barat Diguncang Gempa, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG menjelaskan, gempa Malang M 5,3 itu terjadi Minggu (11/4) pukul 06.54 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 8,76 LS dan 112,41 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 71 km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 102 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," paparnya

Guncangan gempa ini juga dirasakan di daerah Kota Malang III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah); Pacitan, Wonogiri, Trenggalek III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu); Nganjuk, Ponorogo, Blitar II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

***

tags: #gempa #malang #bantul #gunungkidul

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI