Foto istimewa.

Foto istimewa.

Kylian Mbappe Kubur Harapan Juara Prancis

Pada babak tambahan yang dilangsukan 2X15, Prancis maupun Swiss tak mampu menambahkan keunggulan.

Selasa, 29 Juni 2021 | 07:15 WIB - Olahraga
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Bucharest- Saat memasuki di Arena Nationala, Bucharest, Rumania, pada Selasa (29/6/2021) dini hari, tim nasional Swiss hanyalah tim underdog dibandingkan lawannya raksasa Prancis. Namun siapa sangka Swiss lah yang akhirnya keluar lapangan dengan membusungkan dada.

Perdelapam final Piala Eropa atau Euro 2020, menyajikan banyak kejutan. Setelah beberapa kandidat kuat juara seperti Portugal dan Itali gagal melaju ke babak berikutnya. Dini hari tadi gantian tim nasional Prancis harus bertekuk lutut dari Swiss lewat adu pinalti.

BERITA TERKAIT:
Hasil Piala Eropa: Belgia Tumbang 1-0 dari Slowakia
Pekan Ini, Inggris Hadapi Bulgaria di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Suporter Bikin Ulah di Final Piala Eropa, UEFA Siapkan Sanksi untuk FA
Andriy Shevchenko Ucapkan Salam Perpisahan dengan Timnas Ukraina
Juara Piala Eropa, Kini Italia Berniat Jadi Tuan rumah Euro

Adu pinalti itu dilaksanakan, setelah kedua tim bermain sama kuat 3-3 hingga babak tambahan berakhir.

Swiss pada babak pertama mampu unggul lebih dulu atas Prancis, saat Haris Seferovic mampu mencetak gol pada menit ke 15. Seferovic mampu memanfaatkan umpan silang terukur dari sisi kiri kotak penalti yang dilepaskan Steven Zuber. 

Tertinggal 1-0 membuat Prancis berupaya menyamakan kedudukan. Namun serangan Prancis membentur kuatnya pertahanan Swiss. Hingga babak pertama berakhir Swiss masih unggul 1-0 atas Prancis

Swiss pada babak kedua memiliki peluang menambah gol, lewat titik putih. Namun sayangnya tembakan pinalti Ricardo Rodriguez digagalkan penjaga gawang, Hugo Lloris, di menit ke-55.

Dua menit usai eksekusi pinalti gagal itu, Prancis mampu menyamakan kedudukan lewat Karim Benzema pada menit ke 57. Gol itu merupakan buah kerja sama apik antara Kylian Mbappe dan penyerang Real Madrid tersebut.

Di menit ke 69, kembali Benzema merobek gawang Swiss yang dijaga Yann Sommer. Gol itu bermula dari tembakan keras Griezmann yang mampu dimentahkan oleh kiper Swiss, bola mentah itu disambar Benzema dan dikonversi gol. 

Enam menit kemudian, Prancis menambah gol lewat tendangan jarak jauh Paul Pogba.

Tertinggal dua gol, tak membuat semangat Swiss kendor. Swiss mampu memperkecil kedudukan pada menit ke 81 lewat gol Haris Seferovic, dan peluang Swiss kembali terbuka lebar di saat ekstra time. Mario Gavranovic yang masuk di babak kedua, mampu membuat Swiss menyamakan kedudukan 3-3. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada babak tambahan yang dilangsukan 2X15, Prancis maupun Swiss tak mampu menambahkan keunggulan sehingga pertandingan harus ditentukan lewat adu pinalti. Petaka Prancis pun datang di babak ini.

Dari lima penembak pinalti hanya Kylian Mbappe yang gagal menyarangkan bola ke gawang yang dijaga Yann Sommer, sedangkan kelima algojo Swiss sukses menundukkan Hugo Lloris. 

Swiss pun melenggang ke perempat final dan akan bersua dengan salah satu raksasa Eropa, Spanyol.

Adu Penalti:
Swiss:

Mario Gavranovic - Gol
Fabian Schar - Gol
Manuel Akanji - Gol
Ruben Vargas - Gol
Admir Mehmedi - Gol
Prancis:

Paul Pogba - Gol
Olivier Giroud - Gol
Marcus Thuram - Gol
Presnel Kimpembe - Gol
Kylian Mbappe - Gagal

***

tags: #piala eropa #prancis #swiss #kylian mbappe #spanyol

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI