Turunkan Laju Penambahan Kasus Covid-19, Pemerintah Segera Intervensi Malang dan Bali

Luhut menyampaikan selain penurunan kasus, di Jawa Bali juga mengalami penurunan laju penambahan kematian di Jawa dan Bali.

Senin, 09 Agustus 2021 | 20:59 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Pemerintah secara resmi telah mengumumkan perpanjangan PPKM level 4, 3, dan 2, pengumuman itu secara resmi disampaikan oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, pada Senin (9/8/2021) melalui konferensi pers yang ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sebelum menyampaikan PPKM level 4 diperpanjang, Luhut menyampaikan capaian perpanjangan PPKM level 4, 3, dan 2, yang dilakukan sejak tanggal 2 Agustus hingga 9 Agustus 2021 di Jawa Bali menunjukkan hasil cukup baik. "Hal ini dapat terlihat dari Tren Kasus dan dan Perawatan Rumah Sakit di Jawa Bali yang sudah menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan. Data menunjukkan penurunan hingga 59,6 % dari puncak kasus di tanggal 15 Juli 2021 yang lalu," kata Luhut.

BERITA TERKAIT:
Tak Melulu Kompos, Ibu-ibu di Gianyar Bali Dilatih Olah Sampah Kulit Buah Jadi Camilan 
Rampas Truk Milik Warga di Bali, Seorang WNA Ditangkap Polisi
BBMKG Keluarkan Peringatan Dini Adanya Gelombang Tinggi di Jalur Penyeberangan Bali
Efek Perputaran Uang World Water Forum Tembus Rp1,5 Triliun
World Water Forum di Bali Jadi Perhatian Dunia, Siapa Sosok di Balik Kesuksesannya?  

Momentum yang sudah cukup baik itu, imbuh Luhut harus terus dijaga. "Untuk itu, atas arahan Bapak Presiden Republik Indonesia. Maka PPKM level 4, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021. Terkait keputusan ini akan dituangkan dalam Instruksi Mendagri secara lebih detail," jelasnya.

Sejumlah wilayah aglomerasi di Jawa Bali, ujar Luhut telah mengalami penurunan kasus dan perawatan rumah sakit. "Kecuali Malang Raya dan Bali, untuk itu Pemerintah akan segera melakukan intervensi di kedua wilayah ini untuk menurunkan laju penambahan kasus," ungkap Luhut.

Luhut menyampaikan selain penurunan kasus, di Jawa Bali juga mengalami penurunan laju penambahan kematian di Jawa dan Bali. Meskipun diakaui Luhut, kondisi tersebut fluktuatif di masing-masing provinsi.

"Pemerintah juga mewaspadai kenaikan mobilitas yang tercermin dari kenaikan Indeks Komposit pasca 26 Juli terhadap kenaikan kasus konfirmasi ke depannya.  Hal ini tentunya akan kami pantau sampai minggu depan mengingat adanya jeda 14 hingga 21 hari dari perubahan indeks komposit terhadap penambahan kasus," ucap Luhut.

Luhut menyatakan pada PPKM level 4 dan 3 dilakukan pada 10 Agustus-16 Agustus 2021 nanti, terdapat 26 kota atau kabupaten yang turun dari level 4 ke level 3. "Hal ini menunjukkan perbaikan kondisi di lapangan yang cukup signifikan. Evaluasi tersebut kami lakukan dengan mengeluarkan indikator kematian dalam penilaian karena kami temukan adanya input data yang merupakan akumulasi angka kematian selama beberapa minggu ke belakang, sehingga menimbulkan distorsi dalam penilaian," bebernya.

***

tags: #bali #malang #jawa dan bali #luhut binsar panjaitan #ppkm level 4

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI