Gelar Bimtek untuk Mahasiswa Magang, BBPJT Paparkan Pentingnya Bahasa dan Kamus

Sabtu, 05 Februari 2022 | 08:15 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Balai bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk mahasiswa magang “Kelas Jurnalistik dan Kelas Penyuntingan” di ruang Ranggawarsita, kantor BBPJT, pada 2—3 Februari 2022. Kegiatan tersebut dihadiri 23 mahasiswa magang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, yakni Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), dan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Kepala BBPJT, Dr Ganjar Harimansyah mengatakan, bahasa mencerminkan diri seseorang. Artinya, pola bahasa tertentu menunjukkan perilaku tertentu. 

BERITA TERKAIT:
BBPJT Menerima Kunjungan 395 Siswa dan Guru MAN Demak
BBPJT Kenalkan Realitas Berimbuh Negara Poci di Festival dan Pameran Merdeka BelajarĀ 
BBPJT Gerakkan Komunitas Literasi di Rembang
Siswa Juara FTBI Jateng Berangkat ke Jakarta Ikuti FTBI Nasional
Bangun ZI-WBK, BBPJT Terima Pendampingan Itjen Kemendikbudristek

“Bahasa juga memengaruhi kecendekiaan, penggunaan logika, dan keputusan seseorang,” kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/2/2022).

Menurut Ganjar, bahasa mencerminkan pola pikir, pola hidup, dan pola nilai etnisitas sehingga dapat digunakan sebagai alat dalam memahami masyarakat dan budayanya. Dalam berkomunikasi penutur menggunakan bahasa sesuai dengan konteks, antara lain, dimana dia berbicara, kepada siapa, kapan waktunya, bagaimana susananya, formal atau tidak. Dengan demikian, si penutur itu sudah menggunakan bahasa Indonesia secara baik.

“Namun, dalam berkomunikasi penutur juga sekaligus harus memperhatikan kaidah bahasa. Dengan mengikuti kaidah itu, si penutur sudah bisa berbahasa secara benar,” ujarnya.

Sementara itu, pemateri bimtek dari BBPJT Agus Sudono menyatakan, seorang penulis dan editor dituntut tidak malas membuka Kamus. Saat ini Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) sudah tersedia dalam bentuk aplikasi luring yang bisa dibawa kemana saja. 

“Silakan unduh aplikasi KBBI V luring di Play Store di gawai kita. Nah, KBBI siap dibawa ke mana saja. Dengan begitu, kita tidak perlu membawa Kamus yang sangat tebal,” kata Agus.

Agus menambahkan, jika ada kata yang belum dimengerti atau tidak yakin bagaimana penulisannya, peran Kamus akan sangat membantu. 

“Manfaatkan Kamus. Jangan malas untuk membuka KBBI karena Kamus akan menolong kita dalam memahami arti kata secara lebih akurat, termasuk bagaimana penulisannya,” ucap mantan editor koran itu.

Dalam bimtek itu mahasiswa magang juga diajak praktik secara langsung membuat berita dan menyunting naskah berita. 

Giranita Wahyu Kurmelania Cahyaningrum, salah satu mahasiswa magang dari Program Studi bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Diponegoro, menyampaikan kesan bahwa kegiatan bimbingan teknis itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk dipraktikkan dalam dunia tulis-menulis. Dia merasakan langsung manfaat diajak praktik menyunting tulisan peserta yang lain.

“Kegiatan bimtek jurnalistik dan penyuntingan seperti ini sangat kami butuhkan. Wawasan kami menjadi lebih terbuka dengan mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.

***

tags: #balai bahasa provinsi jawa tengah #bimbingan teknis #mahasiswa magang # bahasa #kamus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI