Jelang Nataru, Harga Bahan Pokok Mulai Naik di Surabaya 

"Tomat biasanya dapatnya Rp5 ribu, kalau sekarang dapatnya Rp20 ribu," katanya. 

Minggu, 04 Desember 2022 | 22:37 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Surabaya - harga bahan pokok di sejumlah pasar Kota Surabaya mulai naik menjelang momel Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. 

Di Pasar Tambahrejo, misalnya, ada beberapa komoditi yang naik.

BERITA TERKAIT:
Tekan Inflasi, Pemda Diminta Cek Harga Jelang Idul Adha
Jelang Idul Adha 1445 H, Mendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman dan Harga Terkendali
Alfamart Ramaikan Bazar Ramadan dan Gerakan Pangan Murah di Balai Kota Semarang
Pemprov Jateng dan BI Gelar GPM Serentak di 4 Daerah untuk Kendalikan Gejolak Harga Beras
Tekan Inflasi, Mbak Ita Minta Semua Pihak Ikut Monitor Harga Bahan Pokok

Keluhan itu merata disampaikan para pedagang. Seperti di gerai milik Nanik, harga telur sudah naik selama seminggu terakhir berkisar antara Rp2.000- Rp3.000. 

"Semua naik telur naik ini sudah seminggu. Sebelumnya Rp28 ribuan per kilogram-nya. Naiknya memang tidak seberapa, sekarang sudah Rp31 ribu yang ukuran kecil, Rp30 ribu yang ukuran tanggung. Sementara dapat atau kulaknya (jual) seribu lebih murah dari harga jual," kata Nanik seorang pedagang. 

Nanik memperkirakan harga telur akan terus naik hingga menembus Rp35-37 ribu pada puncak Nataru. Meski kenaikan ini tidak memengaruhi ketersediaan stok mau pun pembelinya. Pedagang lain, Diana menyebut komoditi lain juga mulai naik. Tomat menurutnya naik drastis dari sebelumnya Rp8 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram. 

"Tomat biasanya dapatnya Rp5 ribu, kalau sekarang dapatnya Rp20 ribu," katanya. 

Komoditi bawang merah juga sama, naik sekitar Rp5 ribu menjadi Rp30-35 ribuan. Sementara, cabai merah kini dijual dengan harga Rp22 ribu dan cabai rawit Rp27 ribu. Beras juga mulai naik meski tidak signifikan, hanya Rp200. Sehingga pedagang lebih memilih tidak menaikkan harga jual. 

"Saya jual yang Rp10 ribu dan Rp11 ribu eceran itu, naik cuma Rp200. Jadi saya jualnya tetap, mending untungnya saya kurangin biar pembeli tidak pergi," ujar Firman salah satu pedagang di pasar Tambahrejo.

***

tags: #bahan pokok #harga #surabaya #nataru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI