Menag Sebut Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H Berlangsung Baik dan Lancar

Menag berharap mulai dari awal proses operasional penyelenggaran ibadah haji sampai nantinya pemulangan dapat berjalan baik dan lancar.

Rabu, 07 Juni 2023 | 11:23 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menilai operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444 H berlangung baik dan lancar. Hal tersebut baik sejak jemaah masuk ke asrama haji maupun sampai sekarang.

Gus Yaqut mengatakan, tahun ini ada banyak jemaah haji yang masuk kategori lansia. Jumlahnya sekitar 67.000 atau sekitar 30 persen dari total kuota.

BERITA TERKAIT:
ASN Kemenag Diminta Aktif Sosialisasikan Larangan Judi Online
Menag Nilai Fase Pemberangkatan Jemaah Berjalan Lancar
Menag Sebut Pancasila sebagai Anugerah untuk Bangsa Indonesia
Di Madinah, Menang Cek Kesiapan Fasilitas Layanan Hotel dan Katering untuk Jamaah Haji
Menag Dukung Peringatan Waisak di Borobudur

"Jemaah haji Indonesia diberangkatkan dari dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Dan tahun ini juga Embarkasi Kertadjati perdana digunakan," tuturnya, Selasa (6/6/2023).

Menag berharap mulai dari awal proses operasional penyelenggaran ibadah haji sampai nantinya pemulangan dapat berjalan baik dan lancar. Yaqut berpesan kepada para jemaah untuk menjaga kesehatan, sebab suhu di tanah suci saat ini sangat panas.

"Perhari ini suhu di Makkah 45' celcius. Bisa jadi puncak haji mencapai 50' celcius. Saya harap, Kemenkes harus memperhatikan hal ini. Karena tahun lalu saja 43' celcius sudah banyak jemaah yang dehidrasi," terangnya.

"Secara umum semua layanan kepada jemaah berjalan baik. Indonesia tahun ini mendapat kuota dasar sebanyak 221.000 dan tambahan kuota 8.000," ungkap Yaqut Cholil Qoumas dikutip dari laman resmi Kemenag.

"(Untuk) pelaksanaan persiapan kuota tambahan ini sedang menunggu Perpres nya," sambungnya.

***

tags: #menteri agama #penyelenggaraan ibadah haji #baik #lancar

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI