Polri Tunggu Hasil Labfor Terkait Video Viral Ponpes Al Zaytun

Masyarakat diminta untuk menunggu hasil penyidikan dugaan tindak pidana penistaan agama oleh Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang.

Sabtu, 15 Juli 2023 | 14:38 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Masyarakat diminta untuk menunggu hasil penyidikan dugaan tindak pidana penistaan agama oleh Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho, saat ditemui di Lapangan Tembak Perbakin, Jakarta, Sabtu (15/7/2023). “Tidak lama lagi akan digelar (gelar perkara, red),” kata Sandi.

BERITA TERKAIT:
Kementerian PPPA Polri Selesaikan Kasus Film Porno Anak
Satgas Pangan bakal Tindak Tegas Pelaku Penyimpangan Buntut Naiknya Harga Beras
Apel Pergeseran Pasukan, Kapolres Boyolali Soroti Berbagai Masalah yang Mungkin Timbul
Polri Imbau Masyarakat Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan Jelang Pencoblosan Pemilu 2024
Polri Minta Masyarakat Tak Sebar Hoax, Tegaskan Netral di Pemilu 2024

Saat ini, ujar Sandi, Polri masih menunggu hasil dari laboratorium forensik (labfor) terkait pemeriksaan video viral pesantren Al Zaytun. Ia menambahkan pihaknya juga masih melengkapi keterangan saksi dan alat buktinya.

Menurut Sandi kelengkapan tersebut bertujuan untuk memberi keterangan yang sejelas-jelasnya kepada masyarakat tentang peristiwa yang terjadi. “Jadi mohon ditunggu, sabar, sehingga nanti dapat keterangan yang lebih lengkap lagi,” pintanya.

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri, Jumat (14/7), memanggil empat orang saksi dalam penyidikan dugaan tindak pidana penistaan agama oleh Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang.

Inisial keempat saksi itu, yakni CHMP, LH, C, dan FAW. Dua di antaranya memenuhi panggilan Polri, yakni CHMP dan LH. Mereka hadir dari jam 10.00 pagi, dimintai keterangan selama 10 jam lebih.

Hingga kini penyidik sudah memeriksa lebih dari 20 saksi terkait, di antaranya saksi ahli (ahli bahasa, ahli ITE, ahli pidana, ahli sosiologi, dan ahli agama).
 

***

tags: #polri #kadiv humas #viral #pesantren al zaytun #panji gumilang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI