Polda Jateng Gelar Simulasi Pengamanan Tahapan Pemilu, Termasuk Siapkan Patroli Siber

Kegiatan dilakukan oleh tim gabungan Polri, TNI beserta stakeholder terkait yang diikuti oleh 1.392 personel

Senin, 14 Agustus 2023 | 17:06 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Magelang - Polda Jateng menggelar simulasi pengamanan wilayah kota (Sispamkota) Rayon Ekswil Kedu, dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, di Lapangan Kujon, Borobudur, Magelang, Senin (14/8).

Kegiatan dilakukan oleh tim gabungan Polri, TNI beserta stakeholder terkait yang diikuti oleh 1.392 personel, terdiri dari 1.150 personel Polri rayonisasi Kedu Raya, 150 personel Brimob Polda Jateng dan sisanya berasal dari instansi terkait seperti TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang.

BERITA TERKAIT:
BPBD Klaten Gelar Simulasi Bencana Gempa untuk Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana
Jelang Pemilu, KPU Boyolali Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara
KPU Jepara Lakukan Simulasi Pemilu 2024, Pemilih Disabilitas Dilibatkan 
Jelang Pemilu 2024, Polres Boyolali Gelar Simulasi Sispamkota
Antisipasi Bencana, BPBD Boyolali Gelar Apel Simulasi

KaPolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan Simpamkota dilatihkan terkait dengan pentahapan Pemilu yang mempunyai potensi kerawanan. Sehingga anggota Polri dan TNI berikut stakeholder dilatihkan menghadapi situasi hijau, kuning sampai merah, termasuk tahapan Perkap Polri yang harus di latihkan serta prosedur perbantuan TNI. 

"Jadi kita Polda Jateng dengan Kodam IV Diponegoro telah menandatangani  SOP dan HTCK terkait dengan perbantuan yang memudahkan anggota di lapangan dari mulai negosiasi kemudian lintas ganti sampai PHH Brimob kita latihkan sehingga pada saatnya nanti minimal anggota sudah tahu melakukan apa, menghadapi apa, bertanggungjawab kepada siapa, dan nantinya bisa melakukan penetrasi di wilayah kita," ujar Irjen Luthfi.

Irjen Luthfi menambahkan saat ini pihak kepolisian telah memetakan bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang dan selama Pemilu 2024 mulai dari pemilihan DPD, Legislatif, Pilpres sampai Pilkada termasuk pengawasan ruang dunia maya melalui patroli siber yang dilakukan Ditkrimsus maupun Bidang Humas dengan klausul  virtual Police. Jika ada pemberitaan Hoaks maka polri lewat patroli siber bisa segera menangani.

“Patroli siber lewat virtual Police dilakukan untuk mengeliminasi berita-berita hoaks atau yang menyesatkan,” imbuhnya.

***

tags: #simulasi #pengamanan #pemilu 2024 #polda jateng

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI