Peringati HUT Kemerdekaan RI, Pemkab Kebumen Serahkan Hibah Alsintan kepada 286 Kapoktan

Pemberian bantuan tersebut, disebut Arif sebagai bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah terhadap petani dan peternak.

Jumat, 18 Agustus 2023 | 05:30 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Kebumen- Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, memberikan bantuan hibah berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 286 kelompok tani atau gabungan kelompok tani (Kapoktan) di wilayah tersebut. Pemeberian bantuan itu diserahkan di Pendopo Kabumian, Kamis (17/8/2023). 

Para petani pun menyampaikan terima kasih adanya bantuan yang harganya mencapai ratusan juta tersebut, salah satunya yakni Tobingin, dari Kelompok Tani Makmur, Desa Pakutan Kecamatan Mirit.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Kebumen Sepanjang 2023 Bangun Jalan Sepanjang 41 Km
Pemkab Kebumen Upayakan Bebaskan Retribusi TPI untuk Nelayan Berpenghasilan di Bawah Rp1 Juta
Pemkab Kebumen Telah Selesaikan Pembangunan TPI Pedalen
Agar Makin Nyaman, Pemkab Kebumen Tutup Sementara Obwis Pantai Pandan Kuning Hingga 26 Januari
Pemkab Kebumen Raih Dua Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional

Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kebumen atas bantuan yang diberikan. Ia merasa senang dan bahagia mendapat bantuan Combine Harvester seharga Rp500 juta. "Saya sangat senang, semoga ini bisa bermanfaat untuk kami dalam mengelola pertanian dengan sistem yang modern. Dan semoga hasilnya bisa maksimal, kami semua bisa lebih sejahetara," katanya

Tidak hanya mendapatkan mesin combine ini digunakan untuk panen padi, namun pihaknya juga mendapat satu buah traktor roda dua dari bantuan tersebut. "Dengan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Pemerintah daerah yang telah memfasilitasi bantuan alsintan untuk para petani, sungguh ini sangat membantu untuk kemajuan petani kami," ucapnya.

Tobingin mengaku belum bisa mengoperasikan batuan combine, ia bersama kelompok tani mesti mendapat pelatihan lebih dulu selama satu minggu dari tim teknis untuk pengoperasiannya. Meski begitu, ia menegaskan tidak akan menjualnya. "Nggaklah masa dijual, wong kita saja butuh, insya allah kita sebaik mungkin untuk kemajuan dan kemakmuran petani di Pekutan Mirit," ujarnya.

Untuk diketahui usai mengikuti Upacara peringatan HUT oe-78 RI yang berlangsung di Pendopo Kabumian, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan bantuan alsintan dan hewan ternak sapi dan kambing kepada ratusan petani dan kelompok tani ternak (KTT).

Pemberian bantuan tersebut, disebut Arif sebagai bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah terhadap petani dan peternak. Terlebih di tengah banyak persoalan kelangkaan pupuk, dan juga penyakit hewan menular. "Hari ini alhamdulillah kita bisa menyerahkan bantuan ratusan Alsintan untuk para Gapoktan dan bantuan ternak untuk KTT yang ada di Kebumen. Seiring kemajuan zaman, para pertani kita memang harus dibekali dengan alat-alat pertanian yang modern, agar hasilnya maksimal," kata Arif.

Arif menambahkan para petani dan peternak sengaja dihadirkan untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI karena kehadiran masyarakat bisa mendorong semangat pemerintah dalam bekerja. Kemudian pemerintah bisa langsung mendengarkan apa yang menjadi keluhan mereka. "Jadi semangatnya adalah bagaimana petani dan peternak kita bisa maju, bisa sejahtera, hasil petanian dan ternaknya meningkat. Tentu semangat dan perjuangan dari mereka ini yang perlu kita dengar, dan kita perjuangkan, sehingga mengapa kita hadirkan di sini," jelasnya.

"Saya harap bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan petani dan peternak di Kebumen. Bantuan mesin pertanian untuk petani kita cukup banyak, dan alhamdulillah panen padi kita selalu surplus, ini yang terus kita dorong agar ke depan petani dan peternak kita semakin maju," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Teguh Yuliono menambahkan, bantuan hibah alsintan diserahkan kepada 286 kelompok tani/gapoktan yang berjumah 631 unit.

Sedangkan bantuan hibah hewan ternak diserahkan kepada Kelompok Tani Ternak sejumlah 747 ekor terdiri dari Sapi 133 ekor; Kambing Jantan 99 eko dan Kambing Betina 515 ekor. 

***

tags: #pemerintah kabupaten kebumen #alat dan mesin pertanian (alsintan) #bupati kebumen #petani #hewan ternak

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI