BEM Faperta Unwahas Semarang Gelar Talkshow Mental Health, Ajak Kaum Muda Peduli Kesehatan Mental

Abdul Hamid, Ketua BEM Fakultas Pertanian menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah memberikan kesadaran Mahasiswa tentang pentingnya Kesehatan Mental. 

Senin, 06 November 2023 | 21:52 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang belum lama ini menggelar acara talkshow mental health 2023 dengan tema "mental health Awareness"

Abdul Hamid, Ketua BEM Fakultas Pertanian menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah memberikan kesadaran Mahasiswa tentang pentingnya Kesehatan Mental. 

BERITA TERKAIT:
Aliansi Mahasiswa Cipayung Plus dan BEM se-Cilacap Deklarasi Pemilu Damai
BEM Faperta Unwahas Semarang Gelar Talkshow Mental Health, Ajak Kaum Muda Peduli Kesehatan Mental
Tanggapi Isu Tentang Dirinya, Hanif Alfattah: Ini Bentuk Tuduhan Tak Berdasar dan Pencemaran Nama Baik
Jelang Ultah ke-77 Polri, Polda Jateng Gelar Doa Bersama untuk Kesejukan Pemilu 2024
Bawaslu Kota Semarang Jamin Keterbukaan Informasi Kepemiluan

"Kegiatan ini dapat memfasilitasi mahasiswa untuk lebih peduli terhadap kesehatan mental dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi Mahasiswa saat ini," kata Abdul, dalam keterangannya, Senin (6/11). 

Endah Subekti selaku Wakil Dekan Fakultas Pertanian mengungkapkan sangat mengapresiasi kegiatan ini mengingat banyaknya kasus depresi yang berujung bunuh diri dikalangan mahasiswa, yang hal ini karena permasalahan kesehatan mental. 

Dr Rossi Prabowo seorang pegiat lingkungan hidup menyampaikan harapannya bahwa generasi muda dan khususnya mahasiswa Fakultas Pertanian Unwahas lebih bisa Aware terhadap kesehatan mental generasi muda, khususnya mahasiswa supaya dapat menjalani kehidupan yang lebih nyaman, bahagia dan bermanfaat.

"Mahasiswa dengan kesehatan mental baik tentunya sangat menyadari potensi dirinya, sehingga dapat mengatasi permasalahan yang dihadapinya dan tentunya hidup dengan membawa manfaat nagi sesama, saat ini sekitar 20% anak-anak dan remaja di dunia memiliki kondisi kesehatan mental, beberapa waktu terakhir ini kita sering mendengar kasus mahasiswa bunuh diri baik karena permasalahan keluarga, akdemik maupun percintaan. Kasus pahit tersebut harusnya dapat dihindari dengan sedini mungkin ditanamkan kesehatan mental bagi generasi muda khususnya Mahasiswa, dan kita Fakultas Pertanian Unwahas sangat memprioritaskan hal tersebut," jelasnya.

Menurutnya, gejala kesehatan mental terbanyak dialami pada remaja yaitu Moodswing. Persebaran dokter ahli kejiwaan yang sedikit, Peran pemerintah dalam alokasi pendanaan untuk kesehatan mental di level nasional sebesar 2?. Beberapa self care untuk mengatasi permasalahan kesehatan mental antara lain: kebutuhan fisik terpenuhi, merasa aman di lingkungan, punya rasa percaya diri, tidak merasa menerima keadaan /dirinya insecure, memiliki self reward.

***

tags: #badan eksektif mahasiswa #universitas wahid hasyim #unwahas #mental health

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI