Pengalaman Pandemi Covid-19, Ganjar akan Buat Kawasan Industri Khusus Alat Kesehatan

Indonesia harus memiliki logam dasar dan kimia dasar.

Jumat, 12 Januari 2024 | 07:59 WIB - Politik
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, JakartaCalon Presiden (capres) 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menegaskan bahwa Indonesia harus berdikari di bidang Kesehatan. Kasus Pandemi Covid-19 menjadi bukti betapa Indonesia sangat tergantung pada negara lain terkait kebutuhan Kesehatan dalam negeri.

Hal itu disampaikan Ganjar di hadapan ratusan pengusaha dalam acara 'Dialog Capres dengan Kadin' di Djakarta Theater, Kamis (11/1/2024). Dalam acara itu, Ganjar memaparkan visi misinya untuk membangun Indonesia, salah satunya untuk sektor Kesehatan.

BERITA TERKAIT:
Ganjar-Mahfud Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK
Kunjungi IIMS, Ganjar Sampaikan Perlunya Perbaikan Insentif Kendaraan Listrik
Alam Ganjar; Saya Yakin Bapak Menang
Doa Warga Saat Ganjar Nyoblos di Semarang: Semoga Menang ya Pak!
Bubur Merah Putih dan Harapan Ganjar Pada Pemilu 2024

"Kasus pandemi kemarin memukul kita semua, bahwa Indonesia sebagai negara belum bisa memenuhi kebutuhan Kesehatan dalam negeri. Untuk masker saja, kita harus impor," ucap Ganjar.

Padahal, lanjut dia, Bung Karno pernah berkata. Jika ingin menjadi negara maju, maka Indonesia harus memiliki dua hal yakni logam dasar dan kimia dasar.

"Nah kimia dasar ini sampai saat ini belum beres. Suka tidak suka, mau tidak mau kita harus memulai kimia dasar itu," tegas Ganjar.

Ke depan, sektor Kesehatan ini akan menjadi prioritas. Hal pertama yang akan dilakukan adalah menaikkan anggaran penelitian minimal 1 persen dari PDB.

"Satu persen saja anggaran untuk riset and development, maka itu bisa. Kita punya kok, hutan kita melimpah, plasma nutfah kita banyak, periset ada. Tinggal kemauan untuk mengeksekusi itu, dan akan saya eksekusi," tegasnya.

Kedua lanjut Ganjar, ia akan membangun kawasan industri khusus Kesehatan. Sampai saat ini, belum ada kawasan industri khusus di Indonesia yang konsen pada Kesehatan.

"Sampai sekarang kita ndak punya lho, padahal pengalaman saya jadi gubernur, permintaan anggaran tertinggi itu dari alat Kesehatan dan banyak terjadi persoalan juga di pengadaan alat Kesehatan. Ini tidak boleh diteruskan, kita harus bisa mandiri," ucapnya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, peningkatan anggaran riset untuk kimia dasar dan pembuatan kawasan industri Kesehatan lanjut Ganjar penting untuk pertahanan negara. Sebab ke depan, perang dimungkinkan tidak lagi menggunakan senjata biasa, melainkan dengan senjata biologi.

"Soal Covid-19 kemarin kan juga ramai diperbincangkan, apakah itu muncul sendiri atau disengaja. Kemudian kenapa Ebola hanya ada di Afrika, tidak ada di negara kita. Maka kita harus siap akan kemungkinan terjadi hal itu ke depan," pungkasnya.

***

tags: #calon presiden #ganjar pranowo #covid-19 #kawasan industri #kesehatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI