Gandeng Dua RS, Puskesmas Kalimanah Adakan Pemeriksaan Gratis untuk Masyarakat

Bupati Purbalingga yang turut hadir dalam kegiatan tersebut berpesan kepada Kader Kesehatan Puskesmas Kalimanah untuk terus dukung program pemerintah khususnya bidang Kesehatan.

Selasa, 02 Juli 2024 | 21:10 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Purbalingga- Peningkatan prevalensi penyakit tidak menular menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat . Guna memonitoring dan mengendalikan penyakit tidak menular ini, Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Puskesmas Kalimanah membuka Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), saat acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kader Kesehatan di lapangan Desa Babakan, Selasa (2/7/24).

Puskesmas Kalimanah menggandeng RSI At-Tin Husada Purbalingga dan RSU Nirmala Purbalingga untuk mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis. 

BERITA TERKAIT:
Gandeng Dua RS, Puskesmas Kalimanah Adakan Pemeriksaan Gratis untuk Masyarakat
Pemkab Purbalingga Adakan Sarasehan ASN Terkait Pancasila
Pemkab Purbalingga Terus Berupaya Capai Predikat Nindya dalam Evaluasi KLA
Pemkab dan DPRD Purbalingga Sepakati Raperda Pengembangan Pesantren
Masyarakat Beri Apresiasi Respon Cepat Pemkab Purbalingga Tangani Tanah Longsor di Kaliori

Menurut Humas marketing RS AT Tin Husada Purbalingga, Dede Rahmat, pihaknya menurunkan empat perawat untuk melakukan cek Kesehatan yang meliputi cek tensi, gula darah, asam urat dan kolesterol. “Untuk hari ini kita sediakan 200 cek asam urat, 200 cek gula darah, dan 200 cek kolesterol dan semuanya gratis untuk masyarakat,” ucapnya.

Adanya gerakan masyarakat hidup sehat, diharapkan Dede dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kecamatan Kalimanah untuk rutin memeriksakan kondisi Kesehatan mereka.

“Jadi kegiatan seperti ini rutin kita lakukan dengan Puskesmas Kalimanah. Dengan sering cek kesehatan masyarakat bisa mengerti kondisi badan mereka sebelum sakit, sehingga bisa mengantisipasi kondisi mereka. Ini kan bentuknya skrining, jadi ketika dilakukan skrining kita lebih tahu dari awal jika ada masalah kesehatan,” imbuhnya.

Kegiatan pemeriksaan kegiatan gratis yang dilaksanakan Puskesmas Kalimanah mendapatkan apresiasi dari Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Babakan, Edy Cahyanta. Ia berharap pemeriksaan Kesehatan gratis lebih sering dilaksanakan. “Pemeriksaan rutin seperti ini diharapkan sering dilakukan karena ini membantu masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya, sehingga bisa antisipasi secara dini, tidak menunggu hingga kondisi sudah parah baru mengetahui,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), yang turut hadir dalam kegiatan tersebut berpesan kepada Kader Kesehatan Puskesmas Kalimanah untuk terus mendukung program pemerintah khususnya bidang Kesehatan.

“Bu Tiwi nderek titip program-program stuntingnya terus berjalan, program PSM, Posyandu terus berjalan dan jangan lupa untuk terus mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat dengan rutin makan buah dan sayur, olahraga secara rutin, kemudian cek kesehatan secara rutin, istirahat yang cukup dan tidak mengkonsumsi rokok,” katanya. 

***

tags: #pemerintah kabupaten purbalingga

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI