Lima Orang Ini Hartanya Makin Bertambah sementara Lima Miliar Orang di Dunia Jatuh Miskin 

Mirisnya, di sisi lain ada sekitar 5 miliar orang di dunia jatuh miskin karena inflasi, perang, dan krisis iklim. 

Selasa, 16 Januari 2024 | 12:47 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, New York - Berdasarkan laporan kesenjangan tahun Oxfam, sejak 2020 kekayaan bersih orang terkaya di dunia melejit 14 persen menjadi 869 miliar dollar AS atau setara Rp13.939 triliun dengan kurs Rp15.557 per dollar AS. 

Mirisnya, di sisi lain ada sekitar 5 miliar orang di dunia jatuh miskin karena inflasi, perang, dan krisis iklim. 

BERITA TERKAIT:
Orang Terkaya se-Asia Undang Justin Bieber untuk Nyanyi di Nikahan Anaknya, Dibayar Rp162 Miliar
Lima Orang Ini Hartanya Makin Bertambah sementara Lima Miliar Orang di Dunia Jatuh Miskin 
Sempat 'Kalah' dari Bos Louis Vuitton, Elon Musk Kini Jadi Orang Terkaya di Dunia
Orang-orang Tajir yang Dulunya adalah Hacker Seperti Bjorka, Siapa Saja?
Orang Terkaya di Dunia akan Investasi di Batang 

Laporan ini dibuat berdasarkan laporan Forbes. Direktur keadilan ekonomi dan ras Oxfam Amerika Nabil Ahmed mengatakan, meskipun kesenjangan meningkat, tetapi muncul titik terang. 

Para pekerja telah mengerahkan kekuatan mereka melalui pemogokan dan kesepakatan yang memperbaiki kompensasi dan kondisi kerja mereka. Selain itu, beberapa negara juga berpihak pada mereka dengan mendorong kebijakan yang bertujuan memperkuat hak-hak pekerja. 

"Kita berada di era emas yang baru, tetapi para pekerja, regulator, serikat pekerja, dan pengorganisir komunitas mulai membuat terobosan di dalamnya,” kata dia. 

Ia menjabarkan, miliarder Elon Musk yang dikenal memiliki beberapa bisnis termasuk Tesla dan SpaceX meraup kekayaan paling besar dalam beberapa tahun ini. Tercatat, kekayaan Elon Musk melonjak menjadi 245,5 miliar pada November 2023, atau naik 737 persen dari Maret 2020.

Sementara pemimpin di sektor barang mewah asal Prancis LVMH Bernard Arnault dan keluarganya memiliki kekayaan bersih 191,3 miliar dollar AS, atau naik 111 persen pada periode yang sama. 

Pendiri Amazon Jeff Bezos memiliki kekayaan 167,4 miliar dollar AS, atau naik 24 persen. Sedangkan, kekayaan pendiri Oracle Larry Ellison berjumlah 145,5 miliar dollar AS, atau naik sebesar 107 persen.

Adapun, CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett, mencatat kekayaan bersih hingga 48 persen menjadi 119,2 miliar dollar AS. Oxfam melaporkan, secara keseluruhan kekayaan pada miliarder tersebut meningkat senesar 3,3 triliun dollar AS atau 34 persen sejak 2020.

kekayaan para miliarder dunia tersebut naik tiga kali lebih cepat dibandingkan tingkat inflasi.

Dari data ini, Oxfam telah meminta pemerintah untuk mengambil tindakan. Direktur Eksekutif Sementara Oxfam International Amitabh Behar menuturkan, kekuasaan publik dapat mengekang kekuasaan korporasi dan ketidasetaraan. 

Hal itu akan membentuk pasar yang lebih adil dan bebas dari kendali miliarder. 

“Pemerintah harus melakukan intervensi untuk menghentikan monopoli, memberdayakan pekerja, mengenakan pajak atas keuntungan perusahaan yang sangat besar ini, dan yang terpenting, berinvestasi pada era baru barang dan jasa publik,” kata dia.

***

tags: #orang terkaya #harta #kekayaan #warren buffet #elon musk

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI