Bapanas Ungkap Penyebab Harga Beras Naik

Arief meyakini bahwa harga beras akan turun setelah terjadinya panen raya pada Maret 2024.

Rabu, 28 Februari 2024 | 17:01 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo mengungkap penyebab kenaikan harga beras di pasaran. Dalam hal ini, Arief menyebut harga beras naik karena harga gabah juga naik.
 
"Harga gabah Rp8.000/kg, maka jangan pangling, jangan heran kalau harga berasnya Rp16.000/kg. Kalau mau harga berasnya Rp14.000/kg, maka harga gabahnya itu kurang lebih Rp7.000/kg," kata Arief ?????? saat mengecek stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu.

Arief meyakini bahwa harga beras akan turun setelah terjadinya panen raya pada Maret 2024.
 
"Pada Maret 2024 akan panen raya yang jumlahnya diperkirakan mencapai 3,5 juta ton beras," katanya. 
 
Ia menjelaskan, penambahan itu berasal dari hasil panen raya di sejumlah daerah dan itu akan dimulai berlangsung minggu ini.

BERITA TERKAIT:
Bulog Mulai Serap Gabah dan Beras Hasil Panen Petani di Eks Karisedanan Banyumas
Sawah Seluas 19.710 Hektare di Demak Siap Panen
Bapanas Ungkap Penyebab Harga Beras Naik
Panen Raya di Kudus Diharapkan Tekan Harga Beras
Hari Ini Jateng Mulai Panen Raya, Nana Sudjana Harap Bisa Stabilkan Harga

"Bulan Maret ini Insyaallah panennya akan 3,5 juta ton ya itu prediksi KSA (kerangka sampel area) dari teman teman BPS (Badan Pusat Statistik). Kemudian minggu-minggu ini panen lokal sudah dimulai," ujarnya.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa harga gabah akan berangsur turun dari yang sebelumnya Rp8.600/kg-Rp8.700/kg akan menjadi Rp8.000/kg, akan turun lagi kemungkinan Rp6.500/kg" harapnya.
 
Pemerintah pun memiliki tugas menjaga harga di hilir untuk masyarakat, namun juga harus menjaga harga di tingkat produsen.

"Ini perlu saya jelaskan karena beberapa hari ini harga gabah itu pasti akan turun seiring berjalannya panen dan panen yang agak besar. Dan angkanya pemerintah melalui Bulog akan dijaga," jelasnya.

"Sehingga antara hulu dan hilirnya seimbang. Jelang nanti mulai puasa hingga Lebaran, kami akan pastikan beras itu aman," pungkasnya.

***

tags: #panen #gabah #bapanas #harga beras naik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI