Kilang minyak Pertamina RU VI di Balongan Indramayu Jawa Barat terbakar, Foto: Istimewa

Kilang minyak Pertamina RU VI di Balongan Indramayu Jawa Barat terbakar, Foto: Istimewa

Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu Terbakar, Ini Tiga Titik Pengungsian Warga

Sebanyak 19 orang mengalami luka dengan skala ringan hingga berat.

Senin, 29 Maret 2021 | 10:44 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Indramayu - Tiga titik pengungsian disiapkan untuk menampung warga sekitar yang terdampak kebakaran kilang minyak Pertamina RU VI Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Sebanyak 785 orang mengungsi akibat kilang minyak terbakar.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat (BPBD Jabar) Hadi Rahmat merinci 392 jiwa diungsikan di Islamic Center, 320 jiwa di Pendopo Indramayu, dan 73 jiwa di GOR Bumi Patra.

BERITA TERKAIT:
Pria di Indramayu Biasa Telan Paku, Dokter Temukan 70 Biji di Lambungnya
Empat Orang Tewas akibat Kecelakaan Mobil Bak Terbuka Pengangkut Jemaah Pengajian
Tragedi Tiga Siswi SD di Indramayu Tenggelam Saat Pramuka, Guru Sempat Selamatkan 
Tiga Siswi SD di Indramayu Tewas di Sungai Saat Kegiatan Pramuka 
Usai Debat Capres, Ganjar Pranowo Lanjutkan Kampanye ke Jakarta

Dalam kejadian ini, 19 orang mengalami luka dengan skala ringan hingga berat. Mereka yang luka telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pertamina dan RSUD. Tujuh di antara korban yang terluka adalah lansia, meyakni Tiah (100), Dawin (80), Sanusi (90), Warti (80), Taminah (60), Mulyana (82), Rokamah (80).

"Betul di antaranya ada lansia, sekarang posisi korban yang luka berada di RS Pertamina," tukasnya.

Lebih lanjut, ia menyebut BPBD Jabar telah menurunkan tim untuk melakukan pendampingan pengendalian bencana tersebut bersama Pertamina dan BPBD Indramayu. "Kita melakukan pendampingan dan penanganan kebakaran ini dilakukan langsung oleh Pertamina," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan BPBD Jabar agar terus melakukan evakuasi korban kebakaran kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu. Selain itu, ia juga menginstruksikan agar warga aman dan tetap terhindari dari risiko tertular Covid-19 di tempat pengungsian.

"Untuk keselamatan warga. Kami perintahkan agar evakuasi terus dilakukan, memindahkan warga ke tempat yang aman, memastikan semua kebutuhannya terpenuhi dan tetap aman dari penularan COVID. BPBD Provinsi telah turun ke lapangan dan berkoordinasi untuk bantuan. Keselamatan warga adalah yang utama," kata Ridwan Kamil dalam unggahan Instagramnya, Senin (29/3).

***

tags: #indramayu #terbakar #kilang minyak # balongan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI