Ilustrasi PMI, Foto: Istimewa

Ilustrasi PMI, Foto: Istimewa

PMI Kebumen Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Malang

Bencana gempa di Kabupaten Malang juga menjadi sinyal bagi Kabupaten Kebumen untuk tetap waspada.

Minggu, 18 April 2021 | 14:30 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kebumen - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Malang Jawa Timur. bantuan berupa terpal, selimut, dan sembako itu diangkut dua armada PMI, Sabtu (17/4) malam.

Ketua PMI Kabupaten Kebumen Sabar Irianto menyebut bantuan ini berasal dari kumpulan donasi masyarakat Kabupaten Kebumen yang dikumpulkan melalui rekening donasi PMI. Adapun bantuan yang disalurkan, antara lain 70 lembar terpal ukuran 4x6, 100 unit selimut, 500 kg beras, 250 botol minyak goreng 900 ml, 20 dirigen kecap, dan 35 dus mie instan. "Ini wujud kepedulian kita untuk membantu para korban bencana di Malang," ungkapnya, Minggu (18/4).

BERITA TERKAIT:
PMI Kebumen Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Malang

Rombongan berangkat dengan dua armada dan enam anggota staf dan relawan PMI Kabupaten Kebumen. Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto mengatakan bantuan tersebut adalah wujud dedikasi kemanusiaan dari PMI Kebumen atas dampak gempa 6 SR yang terjadi di Malang.

"Mudah-mudahan awalan ini bisa meringankan beban para korban, jika masih ada kekurangan pemerintah Kabupaten Kebumen akan mengirimkan bantuan lagi," tukasnya.

Ia menambahkan, bencana gempa di Kabupaten Malang juga menjadi sinyal bagi Kabupaten Kebumen untuk tetap waspada. Pemkab bersama BPBD Kebumen juga akan terus melakukan konsolidasi mitigasi dan kesiapsiagaan bencana.

"Kemarin Kebumen melakukan simulasi gempa bumi, saat itu hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, beliau berpesan Kebumen harus menyiapkan betul relawan dan masyarakat yang tanggap bencana," tukasnya.

Saat ini, lanjut dia, Kabupaten Kebumen telah memiliki 60 Desa Tanggap Bencana (Destana). Arif menguraikan tahun 2021 ini ditargetkan 460 desa dan kelurahan menjadi Destana.

"Dari saat ini 60 Destana, harapannya seluruh desa dan kelurahan di tahun ini semua sudah Destana, dan targetnya di tahun 2023 kita tingkatkan lagi dari Destana ke Keluarga Tangguh Bencana," tutupnya.

***

tags: #pmi kabupaten kebumen #gempa #malang #bantuan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI