Buaya dengan ban motor di lehernya, berhasil dievakuasi oleh warga, Senin 07/02. Foto: Istimewa.

Buaya dengan ban motor di lehernya, berhasil dievakuasi oleh warga, Senin 07/02. Foto: Istimewa.

Bertahun-Tahun Terlilit Ban, Buaya Ini Akhirnya Dievakuasi

Hili mengaku sudah tiga kali mencoba menangkap buaya itu.

Selasa, 08 Februari 2022 | 10:59 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Palu - Seekor buaya berkalung ban di Sungai Palu, Jembatan II, Kecamatan Palu Selatan, berhasil dievakuasi pada Senin malam (7/2) malam. Adapun, sosok yang berani mengevakuasi buaya berukuran jumbo itu adalah seorang pria bernama Hili (35) warga Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Diketahui, buaya berkalung ban tersebut viral di media sosial sekitar tahun 2016. Sejumlah pemerhati reptil dan ahli satwa asal luar negeri datang ke Kota Palu untuk melakukan evakuasi namun gagal.

BERITA TERKAIT:
Bertahun-Tahun Terlilit Ban, Buaya Ini Akhirnya Dievakuasi

Namun kali ini, evakuasi buaya malang itu dilakukan secara mandiri oleh Hili dengan sistem jerat menggunakan peralatan tali, bambu dan seekor ayam sebagai umpan. “Saya sudah siapkan penangkapan buaya ini beberapa minggu.” tuturnya, Senin.

Hili menuturkan, buaya berkalung ban itu berhasil ia evakuasi sekitar pukul 18.30 Wita. Usai ditangkap, ban motor yang berada di leher buaya tersebut langsung dilepas.

“Yang jerat saya sendiri, tapi saya minta bantuan warga untuk angkat ke darat. Mungkin ada 50 orang yang bantu angkat,” terangnya.

Hili mengaku, sudah tiga kali mencoba menangkap buaya itu, namun masih gagal. “Sudah tiga kali buaya ban ini lolos dari jeratku. Beruntung hari ini berhasil,” sambungnya.

Saat dilakukan evakuasi, ratusan warga menonton aksi Hili melepaskan ban motor yang melilit di leher buaya. Kemudian masyarakat bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah  melepaskan kembali buaya tersebut ke habitatnya di Sungai Palu.

***

tags: #buaya berkalung ban #palu #hili #bksda

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI