Museum Dolan Klaten Pamerkan Enam Warisan Budaya Dunia

Hanya Provinsi Jawa Tengah yang memiliki enam warisan budaya dunia yang diakui UNESCO.

Minggu, 07 Agustus 2022 | 14:27 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKAYACOM, Klaten - Sebanyak enam warisan budaya dunia dipamerkan di “Museum Dolan Klaten”, Jawa Tengah. Enam warisan budaya dunia itu dipamerkan dalam rangka pameran keliling Museum Jawa Tengah Ranggawarsita yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Terlihat keenam warisan budaya dunia tersebut lengkap mulai dari sejarah, dan koleksi yang ada saat pameran yang berlangsung mulai 04 Agustus hingga 08 Agustus 2022. Selain enam warisan budaya dunia dimiliki Jawa Tengah, terdapat pameran Museum Daerah Klaten, Omah Wayang Klaten, Museum BPK RI Magelang, Monumen Pers Nasional, Museum BPSMP Sangiran, Museum Rembang Putih Tuban, BPCB Jateng, Museum Samudra Raksa, Expo SMK/SMA, Kisah Tanah Jawa, dan UMKM Klaten.

BERITA TERKAIT:
Museum Dolan Klaten Pamerkan Enam Warisan Budaya Dunia

Djoko Nugroho Witjaksono selaku Kepala Museum Ranggawarsita, menyampaikan Museum Keliling ini dilaksanakan untuk mengenalkan dan mendekatkan koleksi Museum Jawa Tengah Ranggawarsita terutama koleksi enam warisan budaya dunia yang dimiliki Jawa Tengah kepada masyarakat Klaten dan sekitarnya.

“Hanya Provinsi Jawa Tengah yang memiliki enam warisan budaya dunia yang diakui UNESCO, yang pertama yaitu Candi Borobudur, Situs Sangiran, Candi Prambanan yang dimiliki bersama dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, Batik, Keris, dan Wayang,” jelasnya dilansir dari situs Pemkab Klaten, Minggu (7/8/2022).

Djoko memaparkan, memapaparkan bahwa enam warisan budaya dunia tersebut representasinya ada di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita dan dihadirkan untuk masyarakat Klaten agar bisa lebih bangga menjadi orang Jawa Tengah.

Salah satu pengunjung, Nafisha (5) saat ditemui di Pameran Museum Dolan Klaten mengaku senang bisa bersama teman-temannya melihat pameran.

“Senang tadi lihat tari-tarian (saat pembukaan museum) dan lihat batu (Arca Candi) ,” ujar Nafisha.

***

tags: #museum dolan klaten #warisan budaya dunia #unesco

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI