Ingin Seluruh Siswa Miliki Kemampuan Baca Tulis AlQur'an, Bupati Blora Terbitkan Surat Edaran

"Anak SD/MI yang sekolah islam saya kira sudah diberikan ini, untuk SD negeri, SMP negeri maupun swasta agar ketika lulus sekolah nanti punya kemampuan baca tulis Al Quran,"

Minggu, 25 September 2022 | 22:34 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Blora – Bupati Blora Arief Rohman menerbitkan surat edaran yang mengatur pendalaman baca tulis Alquran bagi peserta didik jenjang SD dan SMP negeri. Bupati Arief memiliki keinginan agar setelah lulus SD maupun SMP, anak didik yang beragama islam di Kabupaten Blora bisa memiliki kemampuan baca tulis Al Quran. 

Hal ini tertuang dalam surat edaran Bupati No : 421 / 3665 / 2022 tentang pendalaman baca tulis Al Quran bagi peserta didik muslim jenjang SD dan SMP Negeri di Kabupaten Blora. 

BERITA TERKAIT:
Pembinaan Kepribadian Napi, Lapas Ambarawa Gencarkan Program "One Day One Juz"
Ingin Seluruh Siswa Miliki Kemampuan Baca Tulis AlQur'an, Bupati Blora Terbitkan Surat Edaran
Indonesia Terima Bantuan Kurma dan Al-Qur'an dari Kerajaan Arab Saudi
Bacaan Doa Sujud Sahwi Beserta Artinya
Ucapkan Selamat Ramadan, Joe Biden Kutip Ayat Alquran

Seremoni peluncurannya dilakukan Bupati Blora, bersama Kepala Dinas Pendidikan Blora, dan perwakilan dari Kemenag Blora, Sabtu (24/9/2022) di Aula SMP 1 Blora.

Bersamaan dengan pembukaan lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Seni Islam Sekolah Dasar (MAPSI-SD) ke-24 tingkat Kabupaten Blora. 

"Anak kita yang beragama islam, untuk anak SD/MI yang sekolah islam saya kira sudah diberikan ini, untuk SD negeri, SMP negeri maupun swasta agar ketika lulus sekolah nanti punya kemampuan baca tulis Al Quran," ucap Arief Rohman. 

Ia menegaskan, penting untuk memberikan penguatan baca tulis Alquran bagi anak didik yang beragama islam sejak dini, khususnya di sekolah dasar. 

"Hal ini bertujuan agar anak-anak kita diberikan bekal tentang Alquran agar agar ketika lulus sekolah nanti punya kemampuan untuk baca tulis Al-Qur'an," terang Arief Rohman. 

Disampaikannya, pendidikan merupakan hal yang penting bagi anak didik di tingkat SD/SMP. 

"Karena pada umur-umur mereka pembelajaran menjadi pondasi yang kuat bagi pembentukan karakter anak," ungkap Arief Rohman. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati membuka gelaran lomba MAPSI tingkat Kabupaten Blora. Bupati Blora menyambut baik gelaran lomba MAPSI tingkat kabupaten ini untuk semakin memotivasi anak didik untuk berprestasi.

"Semoga penjaringan tingkat kabupaten ini dapat menumbuhkan motivasi untuk adik adik kita yang lainnya yang nantinya bisa mengharumkan nama sekolah, orang tua, maupun nama daerah," ucap Arief Rohman. 

"Semoga pelaksanaan MAPSI tahun ini bisa semakin baik dan berjalan dengan lancar," harap Arief Rohman. 

Melalui kegiatan lomba MAPSI memiliki tujuan yang sangat baik dengan menjaring bakat dari siswa-siswi SD baik Negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Blora yang nantinya dapat mewakili di kancah provinsi. 

Sementara itu, Ketua Panitia Kusni menjelaskan, setelah ini, MAPSI tingkat provinsi akan dilaksanakan nanti pada tanggal 4 sampai 6 November di Donohudan.

"Untuk itu kami mohon doa restu Bapak Bupati Blora beserta Bapak Ibu hadirin semua agar diberi kelancaran," harapnya. 

Setidaknya ada 345 peserta lomba MAPSI dari berbagai sekolah dasar di kabupaten Blora yang ikut berpartisipasi dalam lomba ini. 
 

***

tags: #alquran #baca tulis #bupati blora arief rohman #surat edaran #anak didik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI