Bantu Petani, Pemkab Kendal Salurkan Pupuk Cair 

Menurutnya, bantuan itu merupakan stimulus dari pemerintah, yang sifatnya sementara untuk meningkatkan kapasitas hasil pertanian para petani.

Kamis, 15 Desember 2022 | 20:31 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kendal - Pemkab Kendal memberikan bantuan berupa pupuk cair kepada para petani. bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, baru-baru ini. 

Menurutnya, bantuan itu merupakan stimulus dari pemerintah, yang sifatnya sementara untuk meningkatkan kapasitas hasil pertanian para petani.

BERITA TERKAIT:
Sebanyak 20 KPM di Kulon Progo Terima Bantuan Rumah Sejahtera Terpadu
Bantu Percepatan Produksi, Kemensos Salurkan Bantuan Alat kepada Sejumlah Perajin Kayu
Pemprov Jateng Salurkan Bantuan DBHCHT Kepada 32 Ribu Pekerja
Mensos Risma Serahkan Sejumlah Bantuan untuk Disabilitas di Pandeglang
Bupati Klaten Serahkan Bantuan Rp10 Juta kepada TKW yang Kritis di Dubai

“Jadi para petani jangan terlalu berharap dengan bantuan subsidi ini. Saya melihat, masih ada indikator lain untuk meningkatkan kesejahteran para petani, seperti halnya efisiensi dalam bertani di Kabupaten Kendal masih variasi. Contohnya, menanam padi dengan luas lahan yang sama tapi hasil panen tidak sama, karena teknik menanamnya kadang berbeda,” ungkap bupati.

Untuk itu, Dico meminta kepada para petani, untuk melakukan studi banding antarpetani di Kabupaten Kendal, agar dapat saling bertukar ilmu terkait dengan pertanian, sehingga bisa memaksimalkan hasil pertaniannya.

Disampaikan, pihaknya akan membantu para petani agar tidak tergantung kepada para tengkulak, karena menurutnya sangat merugikan petani. Salah satunya, melakukan kerja sama dengan Kementerian Keuangan RI, melalui Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA), dengan memberikan bantuan keuangan dengan bunga yang jauh lebih kecil dari para tengkulak.

“Dana tersebut akan dikelola oleh para Gapoktan di Kendal, sehingga lebih efisien dan para petani tidak terbebani oleh bunga hutang tersebut,” ungkapnya.

Dico yakin, dengan langkah-langkah tersebut, para petani bisa lebih sejahtera dan tidak mengandalkan bantuan pupuk bersubsidi, mengingat kelangkaan tersebut tidak hanya di Kabupaten Kendal.

“Semoga nantinya melaui efisiensi-efesiensi ini, para petani biaya produksinya lebih kecil dan hasil panennya lebih banyak, sehingga lebih sejahtera lagi,” harapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kendal Pandu Rapriat mengatakan, bantuan pupuk organik cair yang diberikan kepada para petani sebanyak 54.286 liter, dengan dosis 4 liter/ha dan terbagi di 20 kecamatan.

***

tags: #bantuan #petani #bupati kendal dico m ganinduto #pupuk cair

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI