Arus Mudik Nataru, Polda Jateng Siapkan Skenario One Way dan Contra Flow Lokal

Pihaknya juga telah mengelola dan menyiapkan semua jalur tersebut agar bisa digunakan oleh masyarakat. 

Selasa, 20 Desember 2022 | 13:50 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang – Ditlantas Polda Jateng menyiapkan berbagai skenario dan rekayasa arus lalu lintas apabila terjadi kepadatan arus mudik dan balik saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Diantaranya one way dan contra flow lokal

“Untuk jalur yang dilewati arus mudik serta arus balik natal dan tahun baru (Nataru) ada 5 jalur, diantaranya adalah tol, arteri (pantura), jalur tengah, jalur selatan dan jalur pantai selatan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, di Semarang, Selasa (20/12/2022)

BERITA TERKAIT:
Catatan Evaluasi Layanan Transportasi di Musim Lebaran 2024
Selama Libur Lebaran, Pelita Air Catat On Time Performance 95 Persen
Ganjil-Genap saat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024, Polda Jateng Tindak 1.416 Pelanggaran
Angkutan Lebaran 2024, Bandara Semarang Layani Penerbangan 126 Ribu Penumpang
Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Pastikan Distribusi BBM Selama Lebaran Aman dan Lancar

Pihaknya juga telah mengelola dan menyiapkan semua jalur tersebut agar bisa digunakan oleh masyarakat. 

“Termasuk menyiapkan rekayasa dan skenario manakala terjadi kepadatan arus dari barat yang menuju jawa tengah maka akan dilakukan sistem one way, kontra flow termasuk pengalihan arus,” jelasnya.

Berdasarkan prediksi dari Kemenhub diperkirakan sekitar 21,5 juta kendaraan akan masuk ke Jawa Tengah pada arus mudik Nataru. Puncak arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 30 dan 31 Desember 2022 serta tanggal 1 Januari 2023.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus, khusus dari Kota Semarang menuju Surakarta pada H-2 atau tanggal 23 akan disiapkan one way lokal serta kontra flow lokal. Termasuk pada jalur-jalur yang menuju ke destinasi wisata.

“Untuk pelaksanaan one way lokal dan kontra flow lokal nanti petugas dilapangan akan menghitung jumlah rasio kendaraan, kapasitas dan panjangnya jalan. Jika nanti ada penumpukan arus, kita akan lakukan one way ataupun pengalihan arus,” terang dia

Pihaknya juga telah menyiapkan 252 pos pengamanan di berbagai titik yang menjadi obyek pengamanan. Guna keselamatan pemudik, ia menghimbau kepada para pengemudi untuk menyempatkan diri beristirahat selama perjalanan.

***

tags: #arus mudik #nataru #polda jateng #direktur lalu lintas polda jawa tengah #one way

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI