Cuaca Ekstrem Akhir Tahun Ini Dipengaruhi Fenomena Dinamika Atmosfer

Fenomena-fenomena tersebut, berpotensi memicu hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di perairan sekitarnya.

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:57 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Akhir tahun ini, sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem. Menurut Deputi Meteorologi BMKG Guswanto dipicu oleh fenomena dinamika atmosfer di sekitar wilayah Indonesia. 

Guswanto mengungkapkan fenomena itu termasuk Monsun Asia, seruakan dingin, pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar Australia, serta fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang aktif bersamaan dengan fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

BERITA TERKAIT:
BMKG Prakirakan Mayoritas Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Sedang hingga Lebat Hari Ini
BMKG Prakirakan Sejumlah Wilayah di Indonesia bakal Diguyur Hujan Deras Hari Ini
Sejumlah Wilayah di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Hari Ini
Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Disertai Petir pada Awal Juli
Wilayah Pangandaran Jawa Barat Diguncang Magnitudo 5,1

Ia mengingatkan fenomena-fenomena tersebut, berpotensi memicu hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di perairan sekitarnya.

"Kepada masyarakat, kami imbau untuk tidak panik tetapi tetap waspada, dan terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG," katanya.

"Pangkas dahan dan ranting pohon yang rapuh serta kuatkan tegakan tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang," pungkasnya.

Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, pada Rabu (28/12/2022) mengungkapkan hujan lebat bakal terjadi disejumlah wilayah tersebut meliputi sebagian wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur selama periode 28 sampai 30 Desember 2022.

***

tags: #bmkg #indonesia #gelombang #cuaca ekstrem #perairan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI