Blora Kembali Raih Opini WTP dari BPK, Pencapaian Sembilan Berturut-turut

Bupati Blora Arief Rohman juga mengatakan bahwa prestasi tersebut akan menjadi motivasi untuk terus memperbaiki pengelolaan keuangan

Senin, 08 Mei 2023 | 22:32 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Blora - Pemkab Blora tahun ini kembali memperoleh prediket Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI. Penghargaan tersebut sudah kesembilan kali diperoleh Blora secara berturut-turut. 

Penghargaan Opini WTP  disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Jawa Tengah (Jateng) Hari Wiwoho kepada Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., dan Ketua DPRD Blora HM. Dasum, SE., MMA., di Gedung BPK RI Perwakilan Jateng, Kota Semarang, Jumat  (5/5).

BERITA TERKAIT:
Temuan BPK: Uang Rp567 Miliar Belum Dikembalikan ke Peserta 
Boyolali Raih Opini WTP Tiga Belas Kali dari BPK
KPK Buka Peluang Panggil Oknum Auditor BPK terkait Dugaan Permintaan Uang Rp12 Miliar untuk Status WTP
Pemkab Sragen Kembali Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut
OJK Tegaskan Pentingnya Penguatan Integritas di Sektor Keuangan

Opini WTP yang diraih Blora  menunjukkan bahwa LKPD Pemerintah Kabupaten Blora pada tahun 2022 telah disajikan secara jujur, transparan, akuntabel, dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Hal itu  merupakan prestasi yang membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Blora dan menunjukkan komitmen mereka dalam mengelola keuangan dengan baik.

Bupati Blora Arief Rohman juga mengatakan bahwa prestasi tersebut akan menjadi motivasi untuk terus memperbaiki pengelolaan keuangan di masa yang akan dating, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diketahui, tanggal 9 Maret 2023 lalu, Bupati Arief telah terlebih dahulu menyerahkan LKPD Kabupaten Blora unaudited Tahun Anggaran 2022 kepada BPK RI Perwakilan Jawa Tengah. Saat itu  bersamaan pula dengan Kabupaten Sragen, Klaten dan Wonogiri.

Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Jateng Hari Wiwoho mengatakan,  pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan. Hari Wiwoho pun memberikan apresiasi atas diraihnya Opini WTP oleh Kabupaten Blora, Sragen, Klaten dan Wonogiri.

“Kami mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan oleh masing-masing pemerintah kabupaten untuk mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan daerah agar lebih transparan dan akuntabel. Opini atas LKPD Kabupaten Blora, Sragen, Klaten dan Kabupaten Wonogiri Tahun 2022 adalah wajar tanpa pengecualian,"  ungkap Hari.

Hasil tersebut setelah dilakukan serangkaian tahapan pemeriksaan LKPD oleh tim BPK dan pencapaian opini WTP. Dengan demikian  empat kabupaten tersebut dapat mempertahankan predikat WTP seperti tahun sebelumnya.

Hari berharap agar hasil pemeriksaan yang disampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

"Kami berharap agar hasil pemeriksaan yang kami sampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus selalu memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD secara akuntabel dan transparan,” pungkasnya. 


 

***

tags: #bpk #wtp #bupati blora arief rohman

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI