Minat Baca Rendah, Pemkab Cilacap Adakan PLC 2023

PLC 2023 dimeriahkan dengan bazaar buku oleh Gramedia, lomba reels serta lomba mewarnai.

Kamis, 18 Mei 2023 | 07:28 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Rendahnya minat baca masyarakat khususnya di Kabupaten Cilacap, membuat Pemkab Cilacap melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap menggelar Pekan Literasi Cilacap (PLC) tahun 2023. PLC tersebut digelar di Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap selama 5 hari, dimulai hari Rabu (17/5/2023) hingga hari Minggu (21/5/2023).

Menurut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap (Arpusda), Achmad Fauzi, PLC digelar dalam rangka memperingati Hari Buku Ke-43 dan Hari Kearsipan Ke-52. Selain itu berdasarkan UNESCO, Indonesia berada pada urutan nomor dua dari bawah terkait literasi.

BERITA TERKAIT:
Tahun Ini, Pemkab dan Kodim 0703/Cilacap Kembali Adakan TMMD Sengkuyung
8 Posisi Pejabat Eselon II Kosong, Pemkab Cilacap Adakan Lelang Jabatan
Pemkab Cilacap akan Beri Insentif untuk Ketua RT dan RW
Bentuk Ungkapan Syukur, Pemkab Cilacap dan HNSI Gelar Festival Nelayan
Yunita Dyah Suminar Lepas kontingen Cilacap ke Porsenitas

“Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah, hanya 0,001%. Artinya 1 banding 1000 masyarakat Indonesia yang gemar membaca. Sementara dibidang kearsipan, Kabupaten Cilacap masuk ke dalam kategori rendah dan berada pada peringkat nomor 25 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah pada tahun 2022,” ucap Achmad Fauzi dalam acara Pembukaan PLC tahun 2023, Rabu (17/5/2023)

Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri pada kegiatan itu berharap PLC bisa meningkatkan minat baca masyarakat sehingga masyarakat khususnya anak-anak menjadi lebih cerdas.

“Ini memberikan kesempatan luas bagi masyarakat bagaimana mempunyai kecintaan untuk membaca buku. Harapannya minat baca masyarakat kita, anak-anak kita ini bisa naik terus. Mudah-mudahan minat baca di Cilacap tinggi sehingga anak-anak kita semakin cerdas,” harap Awaluddin yang hadir mewakili Penjabat Bupati Cilacap membuka PLC 2023.

PLC 2023 dimeriahkan dengan bazaar buku oleh Gramedia, lomba reels serta lomba mewarnai. Dalam pembukaan PLC, dilakukan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh penyandang tunanetra sebagai hasil dari kegiatan Pelayanan Literasi Tunanetra (PELITA) dan pentas menari oleh peserta kegiatan kelas menari Perpusda Cilacap.

***

tags: #pemkab cilacap #kabupaten cilacap #dinas kearsipan dan perpustakaan daerah #unesco #minat baca

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI