BBPJT Kembali Gelar Penghargaan Prasidatama 2023

Batas waktu pengiriman dokumen dapat dilakukan sampai dengan 31 Juli 2023 cap pos.

Rabu, 12 Juli 2023 | 04:21 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Ungaran - Balai bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan kegiatan Penghargaan Prasidatama 2023. Penghargaan Prasidatama diberikan kepada instansi/lembaga dan perorangan yang menerapkan penggunaan bahasa secara baik dan benar dalam beberapa ranah penggunaan di wilayah Provinsi Jawa Tengah, tokoh yang aktif dan bergiat dalam kesastraan di Jawa Tengah, serta kepada buku sastra bermutu.

Kepala BBPJT Dr Syarifuddin, mengatakan bahwa Penganugerahan Penghargaan Prasidatama bertujuan untuk memperkuat komitmen instansi, lembaga pemerintah, dan hotel di Jawa Tengah agar menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

BERITA TERKAIT:
BBPJT Gelar Bimtek Penyusunan Media Pendamping Bahan Ajar BIPA 
BBPJT Gelar Bimtek Penyusunan Media Pendamping Bahan Ajar BIPA
BBPJT Gelar Parade Wajah Bahasa Ruang Publik di MAN Kendal
BBPJT Gerakkan Komunitas Literasi di Rembang
BBPJT Kembali Gelar Penghargaan Prasidatama 2023

“Bagi para sastrawan dan penerbit Jawa Tengah, kehadiran Prasidatama menjadi motivasi untuk menghasilkan dan menerbitkan karya-karya yang bermutu,” kata Syarifuddin, dalam keterangan tertulis, Selasa (11/7).

Sementara itu, Ketua Panitia Penghargaan Prasidatama, Poetri Mardiana Sasti,l menyatakan bahwa Penghargaan Prasidatama 2023 meliputi (1) Tokoh bahasa; (2) SMA/SMK/MA Pengguna bahasa Indonesia Terbaik; (3) Lembaga Pemerintah Pengguna bahasa Indonesia Terbaik; (4) Hotel Pengguna bahasa Indonesia Terbaik; (5) Tokoh Sastra; (6) Antologi Puisi; (7) Antologi Cerpen; (8) Manuskrip Drama; (9) Novel Berbahasa Indonesia; dan (10) Novel Berbahasa Jawa.

“Dokumen berupa salinan surat dinas, foto-foto penggunaan bahasa di sekolah, lembaga pemerintah, hotel, antologi puisi, antologi cerpen, manuskrip drama, novel berbahasa Indonesia, dan novel berbahasa Jawa dapat dikirimkan ke Balai bahasa Provinsi Jawa Tengah, Jalan Diponegoro 250, Ungaran,” jelas Poetri.

Batas waktu pengiriman dokumen, lanjut Poetri, dapat dilakukan sampai dengan 31 Juli 2023 cap pos. Adapun, untuk kategori Tokoh bahasa dan Tokoh Sastra, panitia Prasidatama 2023 mengundang individu dan lembaga untuk mengusulkan nama-nama tokoh bahasa dan tokoh sastra di Jawa Tengah sebagai calon penerima Penghargaan Prasidatama Kategori Tokoh bahasa Indonesia dan Tokoh Sastra Indonesia 2023. Usulan dapat dikirimkan melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/tokohprasidatama2023 sampai dengan 12 Agustus 2023 pukul 23.59 WIB.

“Panitia Prasidatama 2023 akan menginventarisasi nama-nama tokoh yang diusulkan, termasuk data pendukung yang memperkuat usulan tersebut. Usulan dengan data pendukung yang lengkap, baik yang berasal dari individu maupun lembaga, akan diserahkan kepada dewan juri melalui mekanisme yang sudah ditetapkan. Seluruh usulan yang diterima akan diperlakukan secara rahasia. Dewan juri akan mempertimbangkan setiap usulan yang masuk dari individu maupun lembaga,” tandasnya.

***

tags: #bbpjt #penganugerahan penghargaan prasidatama #bahasa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI