Antisipasi Penyakit Antraks, Pemkab Temanggung Tingkatkan Pengawasan Ternak

Kabupaten Temanggung termasuk daerah penghasil ternak terbesar di Jawa Tengah.

Minggu, 16 Juli 2023 | 09:48 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Temanggung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan terus mengantisipasi penyebaran penyakit antraks. Salah satunya dengan melakukan pengetatan pengawasan ternak di wilayah tersebut. 

"Kami meningkatkan surveillance aktif di pasar daerah, perbatasan dan penampungan ternak," kata Joko Budi Nuryanto selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Minggu (16/7/2023). 

BERITA TERKAIT:
Tenggelam di Embung Abimanyu Temanggung, Dua Remaja Ditemukan Tewas
Usai Bebas dari Lapas, Wanita Asal Temanggung Curi Handphone di Ambarawa
Srintil, Tembakau Khas Temanggung yang  Mendunia dan Mahal Harganya 
Tak Lagi Soal Mistis, Ayam Cemani Ternyata Punya Nilai Ekonomi Tinggi! Bisa Dijual Rp25 Juta per Ekor 
Duel Maut di Temanggung, Satu Orang Tewas 

Budi menerangkan, pihaknya meningkatkan edukasi terhadap bahaya antraks melalui petugas di lapangan, seperti penyuluh, mantri hewan maupun dokter. 

"Kami juga mengimbau warga dan pedagang untuk mewasdai hewan ternak dari daerah yang pernah terjangkit atau terdapat temuan antraks," katanya pula.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk memastikan kesehatan hewan, harus ada surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

Budi menambahkan, ternak dari daerah antraks pasti sudah dilarang peredarannya oleh otoritas setempat sampai batas waktu yang sudah ditentukan.

Namun, katanya lagi, petugas tetap harus meningkatkan pengawasan secara ketat lalu lintas hewan di kabupaten tersebut terutama hewan yang masuk dari daerah temuan antraks.

"Kami bergerak cepat dengan pengawasan perdagangan hewan ternak sapi dan domba dari luar daerah yang masuk ke Temanggung," katanya lagi.

Menurut dia, selama ini tidak ditemukan penyakit antraks pada hewan di Kabupaten Temanggung.

Kabupaten Temanggung termasuk daerah penghasil ternak terbesar di Jawa Tengah, terutama domba. ternak tersebut banyak dijual ke daerah lain, seperti Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. 

***

tags: #temanggung #antraks #ternak

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI