Bakar Sekolah dan Rumah Warga, Seorang Anggota Teroris KKB Dibekuk Satgas Damai Cartenz

AK merupakan warga Kampung Manggume Distrik Pomukia Kabupaten Puncak.

Senin, 25 September 2023 | 18:24 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Puncak - Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz 2023 berhasil menangkap seorang orang anggota teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berinisial AK (20) di wilayah Kabupaten Puncak. Yang bersangkutan diduga telah melakukan pembakaran gedung sekolah dan rumah warga.

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno mengatakan AK ditangkap di Ilaga, Kabupaten Puncak, pada hari Kamis (25/9/2023).

BERITA TERKAIT:
Satgas Damai Cartenz Tangkap Oknum PNS terkait Kasus Peredaran Senpi di Papua
Terjadi Penembakan oleh KKB di Yahukimo, Satgas Ops Damai Cartenz Buru Pelaku
Satgas Ops Damai Cartenz Tangkap Pemasok Senjata Api ke KKB
Satgas Damai Cartenz Tangkap Pimpinan KKB Wilayah Dokoge-Paniai Peni Pekei
Satgas Damai Cartenz Tangkap Pembunuh Danramil Aradide

Bayu menerangkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, terungkap bahwa peran AK di KKB yakni melakukan sejumlah pembakaran diantaranya sekolah dan rumah warga beberapa waktu yang lalu.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, bahwa peran dari saudara AK yaitu pembakaran rumah warga dan basecamp PT. Unggul (23/05/2023) yang lalu, peran yang kedua terlibat pembakaran SMA Negeri 1 Ilaga pada tanggal 17 Agustus 2023 lalu,” ujar Bayu dalam keterangannya, Senin (25/9/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa AK merupakan warga Kampung Manggume Distrik Pomukia Kabupaten Puncak.

Bayu menambahkan, bersama dengan penangkapan AK, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya handphone dan sebuah pisau.

“Barang bukti yang berhasil kami amankan berupa 1 buah tas kecil, 3 buah kalung manik-manik, 1 buah botol minuman, 1 buah handphone merk Oppo, 1 buah pisau carter, 1 buah kalung besi dan 1 buah kalung mainan warna kuning,” tukasnya.

***

tags: #satgas damai cartenz #membakar #sekolah #rumah warga #papua

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI